Peringati Hari Ibu Ke-94, BPK Perwakilan Maluku Gelar Upacara Bendera

oleh -63 views

Porostimur.com, Ambon – Dalam rangka memperingati Hari Ibu Ke-94 Tahun 2022, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Maluku melaksanakan Upacara Bendera pada Kamis (22/12/2022) di halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Maluku.

Upacara yang diikuti oleh seluruh pejabat struktural dan pegawai BPK Perwakilan Provinsi Maluku dipimpin oleh Imelda Reasoa S.H., M.H. yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, sedangkan Komandan upacara adalah Kadek Anggiana Dwi C.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara membacakan sambutan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menyampaikan salah satu titik penting perjuangan pergerakan para perempuan di masa pra kemerdekaan dan menjadi tonggak sejarah tersendiri adalah ketika diselenggarakannya Kongres Perempuan Indonesia Pertama pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Momentum bersejarah ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Nasional pada Tahun 1959 oleh Presiden Soekarno, yang dinamakan Hari Ibu. Inilah yang membedakan Hari Ibu di Indonesia dengan peringatan ”Mothers Days” di beberapa negara di dunia.

Baca Juga  Harga Bawang Putih di Maluku Utara Termahal se-Indonesia

Perjuangan pergerakan perempuan ini membawa keyakinan baru bagi perempuan-perempuan Indonesia, bahwa pemenuhan hak dan kesetaraan akan mengantarkan mereka untuk dapat berjalan bersama-sama, serta menjemput kesempatan yang sama. Bahwa ruang untuk berkontribusi adalah milik semua. Keyakinan ini tentunya sangat esensial bagi kemajuan Indonesia, karena perempuan mengisi hampir setengah dari populasi Indonesia. Maka kemajuan perempuan dan partisipasi perempuan dalam pembangunan akan menentukan pula kemajuan Indonesia.