Peringati Hari Raya Waisak Umat Budha Diharap Utamakan Prinsip Berbagi dan Melayani

oleh -152 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Umat Budha Maluku diharapkan agar dapat mengedepankan prinsip berbagi dan melayani ditengah kehidupan bermasyarakat yang majemuk.

Ajakan ini disampaikan Ketua Walubi Maluku, Wilhelmus Jawerisa pada perayaan Hari Raya Waisak di Budha Center, Minggu (19/5), dalam pidato Hari Raya Waisak 2563 Tahun 2019, bertajuk : Pahami Hati, Tampakkan Kesejatian Diri, Implementasikan Bodhisattvayana Dengan Berbagi dan Melayani.

Wilhelmus mengatakan, hari besar Agama Budha salah satunya adalah Hari Trisuci Waisak yang merupakan hari raya terbesar dan paling bermakna bagi umat Budha.

Menurut Wilhelmus Jawerissa, Waisak itu sendiri berasal dari bahasa Pali “Vasekha” atau di dalam bahasa Sansekerta disebut Vaisakha, diambil dari bulan dalam kalender masehi.

Link Banner

Disebut demikian karena Waisak memperingati Tiga Peristiwa Penting, yang semuanya terjadi di bulan Vasekha dan pada waktu yang sama yaitu tepat pada saat bulan purnama.

Baca Juga  Belain Ajak Generasi Muda Perangi Islamophobia Terhadap Etnis Uighur dan Tionghoa Xenophobia

Ketua Walubi Maluku ini menjelaskan, Waisak sebagai sebuah hari raya Agama Budha diharapkan bisa memberikan contoh yang positif kepada semua orang. Contoh positif yang diteladani adalah pengembangan cinta kasih kepada setiap makhluk hidup.

“Melalui Waisak 2563 Tahun 2019 ini, Saya mengharapkan agar prinsip berbagi dan melayani itu dapat kita semua kedepankan. Apalagi dalam situasi perpolitikan nasional yang agak memanas saat ini”, pungkasnya. (andi)