Peringati HPSN 2021, Walikota Ambon Apresiasi Pemenang Lomba Video Kreatif

oleh -7 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DHLP) Kota Ambon, mengumumkan pemenang lomba video kreatif dalam apel bersama memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021, Senin (22/2) di Balai Kota.

Lewat SK Dewan Juri Nomor 01/DJLPVK/2021 diketahui Juara I; diraih Makatita Richardo, Juara II; Claudio Andre, Juara III; Mey Talapary Kuhuwael, Juara Harapan I; Au Nussy, Harapan II; Greselya Nussy, Harapan III ; Esty Buksaiwembun, Juara Favorit I; Rushadi Tomia dan Juara Favorit II; Kelurahan Pandan Kasturi.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, ketika menyerahkan piala dan plakat kepada para pemenang menjelaskan, saat ini sampah menjadi masalah global dan tantangan bagi stakholder, untuk itu diperlukan komitmen dalam upaya pelestarian lingkungan.

Baca Juga  Belum Bayar Lahan, Komisi I DPRD Halbar Akan Panggil Tim Pembebasan Lahan

“Pejuang lingkungan dan genearsi muda di kota Ambon bersama – sama berpartisipasi serta komitmen untuk tetap setia pada pentingnya upaya pelestarian lingkungan, jadi para pemenang lomba ini patut diberikan apresiasi,” kata Walikota.

Dijelaskan Walikota, warga kota Ambon perlu diberdayakan untuk pemanfataan sampah secara ekonomis bagi peningkatan kesejahteraan. Terbukti pada Kuartal III Tahun 2020, tingkat pertumbuhan ekonomi cenderung negatif bahkan hampir resesi, namun usaha – usaha bidang pengelolaan dan pemanfaatan air, sampah, dan limbah, justru dapat bertahan.

Tagal itu Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dalam perencanaan kedepan akan bekerjasama dengan investor untuk membangun pabrik pengolahan biji plastik.

“Kita berdoa agar rencana pembangunan pabrik ini dapat terlaksana sehingga dapat mereduksi sampah plastik,“ tandas walikota.

Untuk diketahui, Peringatan HPSN Tahun 2021, dengan dilaksanakan dibawah sorotan tema ”Sampah Bahan Baku Ekonomi Dimasa Pandemi”.

Baca Juga  Sisir handak, sajam dan senpi, Polres SBB gelar patrol besar

Selain penyerahan piala dan plakat kepada para pemenang lomba video kreatif, Walikota juga memberikan piagam penghargaan kepada sejumlah tokoh pemerhati lingkungan. (alena/agi)