Peringati HUT ke-73, Bea Cukai Maluku Canangkan Pembangunan Zona Integrasi

oleh -60 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Bea Cukai Provinsi Maluku kembali memperingati HUT Bea Cukai ke – 73 Tahun dengan tema “Menuju Insan yang Cakap, Segat, dan Berintegritas untuk Bea Cukai yang Makin Baik” sekaligus dengan Deklarasi pencanangan pembangunan zona integrasi pada kantor wilayah DJBC Maluku dan menuju wilayah bebas dari korupsi (wbk), Perayaan ini dilaksanakan di Kantor Keuangan Negara Provinsi Maluku, Senin (7/9/2019).

Selain merayakan hari ulang tahun, Bea dan Cukai juga sekaligus mencanangkan Deklarasi pembangunan zona integritas pada Kantor Wilayah DJBC Maluku menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) Dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Dalam sambutannya Kepala Kantor WIlayah DJBC Maluku, Finari Manan menyebutkan bahwa dalam apel luar biasa yang dilakukan Selasa lalu di Kantor Pusat, Mentri Keuangan langsung menegaskan agar seluruh jajaran Bea Cukai dimanapun termasuk di Maluku harus terus fokus pada perbaikan organisasi, perbaikan kualitas teknologi informasi, dan juga perbaikan Sumber Daya Manusia.

Baca Juga  Peringati HKGB Ke-68, Bhayangkari Daerah Maluku Gelar Ziarah dan Tabur Bunga di TMP Kapaha

“Pada tahun 2017-2019 kami Bea Cukai Maluku telah melakukan berbagai kegiatan perubahan dan penindakan barang-barang larangan seperti ganja, miras, rokok ilegal, pakaian bekas eks-import, termasuk peningkatan kapasitas SDM dalam bentuk pelatihan.” ujar Finari Manan saat memberikan sambutan.

Pemerintah Daerah Provinsi Maluku dan para stakeholder juga turut menyampaikan selamat ulang tahun ke 73 Bea dan Cukai. Serta mengapresiasi pencanangan pembangunan zona integritas, menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani pada Kantor Wilayah Bea dan Cukai Provinsi Maluku.

“Apa yang akan dilakukan oleh Kantor Wilayah Bea dan Cukai Provinsi Maluku, adalah bentuk dan respons atas meningkatnya harapan masyarakat terhadap institusi ini, sehingga peyelenggaraa pemerintahan dapat dilakukan dengan transparan, akuntabel dan memiliki kualitas layanan publik yang baik,” ujar Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail saat memberikan sambutannya.

Baca Juga  Tak Selesaikan Masalah, Penangkapan Demonstran Papua Malah Buat Rumit!

Dia menambahkan, Kantor Wilayah Bea dan Cukai Provinsi Maluku sebagai mitra penting pemerintah daerah dalam meningkatkan ekspor komoditi asal maluku. yang pada akhirnya akan meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah).

“Oleh sebab itu saya menghimbau, agar pengelolaan ekspor Sumber Daya Alam bisa lebih di maksimalkan, terutama di sektor perikanan yang menjadi komoditi unggulan daerah, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat maluku, sebagimana Visi Pemerintah Daerah Provinsi Maluku yaitu : “Maluku Yang Terkelola Secara Bersih dan Melayani, Terjamin Dalam Kesejahteraan, dan Berdaulat atas Gugusan Kepulauan,” paparnya.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan Tumpeng oleh Kepala Kantor WIlayah DJBC Maluku, Finari Manan dan diberikan untuk Gubernur Maluku. Dan sekaligus pemberian hadiah kepada para pemenang Cerdas cermat dan rangking 1 yang diadakan oleh Bea dan Cukai. Dan juga penandatanganan Wall Of Integrity Kanwil DJBC Maluku oleh para stakeholder. (ebot)