Peringati HUT RI Ke-76, Hipmabol Gelar Upacara Pengibaran Merah Putih di Pulau Batura

oleh -106 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Perayaan upacara HUT RI ke 76 tahun kali ini tak semeriah di tahun-tahun sebelumnya. Di tengah pandemi Covid-19 tahun ini menguras sebagian besar peserta upacara pengibaran bendera merah putih, baik masyarakat maupun TNI/Polri dan instansi terkait untuk tidak mengikuti upacara secara langsung dikarenakan adanya penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Namun, hal tersebut tidak mematahkan semangat perjuangan masyarakat untuk dapat memiliki kesempatan melaksanakan perayaan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 76 melalui upacara 17 Agustus 2021.

Hal itu dibuktikan dengan dilaksanakannya upacara pengibaran bendara oleh Himpunan Pelajar Mahasiswa Botang Lomang (HIPMABOL), Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yang berlangsung khidmat dan penuh makna di Pulau Batura, Kecamatan Kepulauan Botang Lomang.

Baca Juga  Hasil Undian Liga Champions. Ajax dan PSV Harus Lewati Babak Kualifikasi

Dengan rasa semangat juang 45, xejumlah mahasiswa dan pelajar Kecamatan Botang Lomang mengibarkan sang merah putih di salah satu pulau yang wilayah teritorialnya masuk di kecamatan Botang Lomang, Desa Sawanakar (Tanjung Pulau Batura).

Peringatan HUT RI ke 76 Tahun ini, didasarkan pada Pancasila alenia ke 5 “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” dan beberapa poin Undang – undang Dasar 1945 yang dapat dimaknai kebijakan pada aturan tersebut belum dibijaki secara baik dan masif di Kecamatan Kepulauan Botang Lomang yang menandakan kecamatan tersebut belum merdeka secara utuh dari beberapa kecamatan lainnya yang ada di Halmahera Selatan

Upacara tersebut dilaksanakan Himpunan Pelajar Mahasiswa Botang Lomang (Hipmabol) mewakili delapan desanya dengan harapan “Botang Lomang Merdeka” dari beberapa aspek seperti Listrik, Pendidikan, Jalan Lingkar, Ekonomi Kemasyarakatan dan kebutuhan lainnya.

Baca Juga  Tim Halbar Lemah Dalam Pelayananan, Pasien Positif Dipulangkan

“Sebagai warga negara indonesia kita memiliki hak yang sama untuk dapat memperingati dan melaksanakan upacara pada 17 Agustus 2021 tahun ini”, ujar Ketua Umum Hipmabol Fadli Nasir usai pelaksanaan upacara tersebut Selasa (17/08/2021)

Menurutnya, upacara itu dilaksanakan melalui kesepakatan seluruh pengurus Hipmabol dengan harapan bisa memiliki kesempatan yang sama untuk dapat mamaknai hari kemerdekaan

“Dengan harapan bisa malaksanakan upacara seperti tahun sebelumnya kami juga memaknai ini adalah satu bentuk bahwa kecamatan botang lomang juga butuh merdeka ditandai dengan pengibaran bendera merah putih di Tanjung Pulau Batura melalui pelaksanaan upacara ini”, tuturnya.

Ketua Hipmabol menambahkan, melalui perayaan upacara tersebut, Botang Lomang bisa tersentuh secara kepedulian oleh pemerintah.

Baca Juga  Update Corona di Malut 28 Maret: OTG 38 Orang, ODP 178 Orang, PDP 7 Orang

“Secara geografis kedudukan botang lomang terletak di depan mata Ibu Kota Kabupaten Halmahera Selatan bahkan, Halsel masuk salah satu Kabupaten di maluku utara yang diketahui sebagai lumbung ikan nasional yabg dapat diukur botang lomang adalah salah satu kecamatan diketahui telah memberikan berkontribusi besar di sektor perikanan”, tukasnya.

Sekedar diketahui pelaksanaan upacara tersebut, dihantarkan dengan pembacaan Pancasila, UUD 1945 dan pengibaran bendera merah putih di iringi dengan lagu Indonesia raya.(adhy)

No More Posts Available.

No more pages to load.