Pertumbuhan Ekonomi di Kota Ambon Terpusat Pada Satu Wilayah

oleh -40 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kota Ambon saat ini sangat maju jika dibandingkan dengan sepuluh kota/kabupaten lainnya di Provinsi Maluku. Hal ini diakui oleh akademisi Universitas Dr Soetomo Surabaya, Julianus R Latumaerissa.

Menurut Latumaerissa, Kota Ambon sudah maju, kalau dibandingkan dengan kabupaten kota lainya di Maluku, tetapi secara khusus di kota Ambon, pertumbuhan ekomoni dan pembagunan infrastuktur lainya masih terpusat pada wilayah terntu.

“Padahal kota Ambon bukan cuma kecamatan Sirimau, tetapi kota Ambon itu ada Kecamatan Nusaniwe, Sirimau, Baguala, Teluk Ambon dan Leitimur Selatan,” ujarnya.

Latumaerissa bilang, saat ini Pemerintah Kota Ambon harusnya menciptakan pertumbuhan ekonomi baru di kecamatan lainnya seperti di Leitimur Selatan dan Nusaniwe dengan membagun infrastruktur pendukung seperti jalan, jembatan dan lainnya.

Link Banner

“Karena ketika jalan di bagun sudah pasti bayak orang mau berinfestasi di wilayah-wilayah sana., Ketika ada infestasi di sana maka pertumbuhan ekonomipun meningkat,” tukasnya.

Baca Juga  Semarak penutupan Pesparani Nasional I

Di samping infrastuktur jalan menuju Leitimur Selatan dan Semenanjung Nusaniwe, Pemerintah Kota Ambon harusnya benar-benar mewujudkan apa yang disebut Ambon kota Musik, dengan membagun theatter, fasilitas dan sekolah musik yang benar-benar dikelola secara profesional, sehingga dari Ambon bisa muncul musisi dan pencipta lagu yang berskala nasional dan ini yang belum nampak bagi warga kota Ambon.

“Dibilang kota musik itu bukan cuma sebatas, bisa menyanyikan lagu-lagu Ambon dan konser saja, tetapi benar-benar ada infrastruktur penunjang lainnya,” tegas Latumaerissa.

Selain itu menurutnya, hal yang masih menjadi keprihatinan warga kota Ambon adalah penyediaan air bersih.

“Sumber air besih di Pulau Ambon sangat banyak, diantaranya di Halong, Wainitu Dan Air Besar, namun belum terkelola dengan baik. Sumber air di Halong itu sudah ada sejak kapan dan tidak pernah habis karena itu kalau ada niat baik pemerintah kota Ambon saja dengan melaksanakan pekerjaan pipanisasi ke wilayah kota Ambon maka sudah pasti wilayah -wilayah tertntu yang krisis air bersih dapat teratasi,” katanya.

Baca Juga  Rusun Halbar Ditetapkan Sebagai Tempat Isolasi

Lebih lanjut Latumaerissa berharap kedepan Pemerintah Kota Ambon dapat membagun infrastuktur jalan dan lainnya sehingga wilayah-wilayah yang terisolir seperti Leitimur Selatan dan sebagian Nusaniwe dapat tersambung dan muncul pusat-pusat perekonomian yang baru di sana.

“Harapan yang sama juga kepada calon-calon pemimpin yang akan bertarung pada pemilihan walikota Ambon tahun 2022,” harapnya.

Ketika di tanya dari sekian nama yang akan maju pada pemilihan Walikota Ambon 2022 siapa yang memiliki visi kedepan untuk mengembangkan potensi alam yang tertidur di Leitimur Selatan dan Nusaniwe, dengan spontan Latumaerissa mengatakan dari sekian nama yang Ia dengar, Rhony Sapulette memiliki komitmen yang tinggi untuk membagun dua kecamatan itu sebagai sentra ekonomi baru bagi kota Ambon.

Baca Juga  Mendekap Patahan Rindu

“Kalau saya ditanya siapa yang layal dipercaya oleh warga kota Ambon saat pemilihan Walikota Ambon 2022 nanti, Saya katakan Rhony Sapulette paling layak, sebab dia benar-benar memahami masalah kota Ambon saat ini. (olof)