Perusahaan Tambang Sumbang Kasus Baru Covid-19 di Maluku Utara

oleh -142 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Sebanyak 48 karyawan PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, terkonfirmasi positif covid-19. Selain PT NHM terdapat 58 karyawan PT Aneka Tambang juga terjangkit virus corona.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Utara, Alwia Asagaf, mengatakan, pasien positif covid-19 di Maluku Utara bertambah 147 kasus. Secara akumulatif jumlah pasien terkonfirmasi positif sebanyak 875 kasus.

Penambahan 147 kasus baru tersebar di beberapa kabupaten dan kota di Maluku Utara. Perinciannya, 58 orang dari Halmahera Timur, 50 orang dari Halmahera Utara, 32 orang dari Kota Ternate, lima orang dari Kota Tidore Kepulauan, dan dua orang dari Kabupaten Kepulauan Sula.

Baca Juga  Tim Fifian Adeningsi Mus Ngopi Bareng di Desa Waitina

“Dari penambahan 147 kasus baru, terdapat 48 karyawan PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) dan 58 karyawan PT Aneka Tambang (Antam),” kata Alwia Asagaf, Kamis, 2 Juli 2020.

Ia menambahkan hasil pemeriksaan swab test terhadap karyawan Antam dilakukan di RS Pelni Jakarta, sedangkan untuk karyawan NHM di RS Siloam Manado.

“Kasus baru ini kita sebut dengan kasus 729 sampai kasus 875,” terang Alwia.

Sementara itu, Kepala kantor Perwakilan Antam Ternate, Made Nuryawan, menjelaskan, uji swab terhadap 181 orang yang terdiri dari karyawan PT Antam, mitra Antam, dan masyarakat di sekitar PT Antam, telah keluar hasilnya.

Untuk karyawan PT Antam yang ikut uji swab sebanyak 46 karyawan, 12 orang di antaranya positif, kemudian mitra PT Antam sebanyak 51 orang, 12 orang di antaranya positif.

Baca Juga  BNPB Minta Pemerintah Daerah Waspadai Potensi Bibit Siklon Tropis 94W

Ditambah 81 warga yang diuji swab, 31 orang di antaranya positif. “Total ada 58 orang positif covid-19 berdasarkan hasil swab test,” imbuh Made. (red/rtm/medcom)