Peserta BJRB Lantamal VIII Berlayar dengan KRI Dewa Ruci

oleh -142 views
Link Banner

@porostimur.com | Manado: Sebanyak 51 orang putra putri anggota TNI Angkatan Laut dan pendamping yang tergabung dalam Bintal Juang Remaja Bahari, Minggu (28/07), mengikuti pelayaran menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dewa Ruci.

Kadispen Lantamal VIII, Mayor Laut (KH). M. Samuel Pontoh, S.I.P, melalui siaran pers mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka menumbuh kembangkan rasa cinta kebaharian kepada para remaja serta memberikan pengenalan secara langsung dari dekat tentang Kapal Legenda KRI Dewa Ruci.

Dikatakan Samuel Pontoh, dalam pelayaran tersebut KRI Dewa Ruci yang dikomandani Mayor Laut (P). Hastaria, SE., bertolak dari Perairan Teluk Manado menuju Pelabuhan TNI Angkatan Laut Samuel Languyu Bitung.

Baca Juga  9 Lagu Terkenal Ini Memiliki Lirik "Gelap" di Dalamnya, Mengerikan!

Kapal yang menjadi legenda TNI Angkatan Laut tersebut mengangkut 51 orang terdiri dari 21 putra dan 19 putri anggota Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII didampingi 11 orang pendamping yang dipimpin Paban Proga Srena Lantamal VIII, Letkol Laut (S). Drs. Laurentius Pongky Ari A.

Menurut Pontoh, saat pelayaran dari Teluk Manado menuju Bitung para peserta BJRB mendapatkan pengarahan dari Kepala Departemen Operasi KRI Dewa Ruci tentang Alat Keselamatan berupa life jacket dan fungsi dari sekoci darurat (life craft) jika sewaktu-waktu Kapal mengalami kebakaran dan kebocoran sehingga harus melaksanakan peran peninggalan kapal.

Selain itu, para peserta juga diberikan pengenalan serta fungsi masing dari alat-alat navigasi diantaranya radar, kompas, kemudi, echosounder (alat untuk melihat kedalaman laut), bendera isyarat, dan jumlah layar yang dimiliki KRI Dewa Ruci.

Baca Juga  Soal Jembatan Air Bugis, Kejati Kirim “Surat P-17” Ke Dirkrimsus Polda Malut

“Dan tidak kalah menarik ketika peserta BJRB diajak untuk turut membantu bagaimana cara menarik tali tiang layar serta mengembangkan layar Kapal Legendaris KRI Dewa Ruci yang berbendera Tengkorak Kepala Manusia itu”, terangnya.

Pontoh melanjutkan, selamq di atas kapal, peserta juga akan mengikuti Lomba keberanian naik tangga Tiang Bima,Tiang Arjuna dan Tiang Yudistira dalam rangka pengenalan Latihan Peran Parade Roll. (Dan)