Piaggio Resmikan Pabrik di Indonesia, Bakal Rakit Motor Vespa?

oleh -9 views

Porostimur.com, Jakarta – Piaggio masih aktif berjualan sepeda motor di Indonesia. Tidak hanya produk dari mereknya sendiri, tetapi juga dari Vespa, Moto Guzzi, sampai Aprilia. Baru-baru ini Piaggio sudah meresmikan pabrik produksinya di Tanah Air. Walau belum jelas apa ini berarti sejumlah produknya sudah bisa dirakit lokal.

Pabrik yang diresmikannya ini berlokasi di Cikarang, yang terkenal sebagai pusat produksi kendaraan ternama di Tanah Air. Dengan ini, Indonesia menjadi negara keempat yang memiliki fasilitas perakitan milik Piaggio Group setelah Italia, India, dan Vietnam. Kapasitasnya mencapai 10 ribu unit per tahun, dan itu cukup untuk memenuhi permintaan dalam negeri.

Dengan ini, Piaggio dapat mengurangi ketergantungan terhadap model yang diimpor utuh alias CBU (completely built-up). Memang selama ini, semua produk yang dijualnya di Indonesia semuanya masih didatangkan dari luar negeri. Walau mungkin modelnya tetap didatangkan dalam bentuk CKD, setidaknya ini sudah cukup untuk merakit keseluruhan modelnya di Indonesia.

(moas.muf.co.id)

Rakit Model Mana?

Walau sudah memulai produksinya disini, Piaggio belum merinci model apa saja yang akan dirakitnya di pabrik barunya ini. Kalau Moto Guzzi hingga Aprilia masih belum bisa dirakit, tapi untuk model skuter milik Piaggio dan Vespa masih bisa. Terlebih model skutik masih menjadi incaran bagi konsumen Indonesia, terlebih motor Vespa.

Model seperti Primavera hingga Sprint yang menjadi andalan Piaggio di Tanah Air selama ini. Jadi ada kemungkinan kedua model inilah yang bakal dirakitnya di pabriknya, walau Piaggio belum memberikan keterangan lebih lanjut. Tapi setidaknya kini sudah ada kepastian mengenai pabrik yang didirikannya ini, sehingga peluang merakit motornya secara lokal menjadi lebih besar.

Dengan ini, Piaggio akan memperkuat dominasinya di pasar roda dua di Indonesia. Tentunya mereka bakal menghadirkan model anyar lainnya dari sejumlah mereknya.

(red/ridertua)

No More Posts Available.

No more pages to load.