Pilkada 2020, PDI Perjuangan Malut Buka Pintu Koalisi

oleh -50 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Pilkada serentak tahun 2020 di Malut diselenggarakan di delapan kabupaten/kota, termasuk di Kota Tidore Kepulauan.

DPD PDI Perjuangan Maluku Utara (Malut) optimistis dapat berkoalisi dengan berbagai partai lainnya untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Seperti diketahui pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 di Malut diselenggarakan di delapan kabupaten/kota, minus Kabupaten Pulau Morotai dan Halmahera Tengah.

Ketua DPD PDI Perjuangan Malut, Muhammad Sinen menyatakan, sikapnya untuk kembali bertarung sebagai wakil walikota Tidore Kepulauan berpasangan dengan petahana Capt. Ali Ibrahim.

Wakil walikota Tidore Kepulauan ini menuturkan, meskipun Ada sejumlah partai yang mengklaim akan melawan calon petahana, terdapat beberapa partai sudah dipastikan ikut berkoalisi dengan PDI Perjuangan.

Baca Juga  Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia, Sempat Dirawat karena Terpapar Covid-19

“Kita lihat saja, beberapa partai itu akan bergabung bersama PDI Perjuangan di pilkada karena telah ada komunikasi politik untuk mengarah ke koalisi,” kata Muhammad Sinen yang juga Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan tersebut.

Dia merasa optimis bahwa pencalonannya bersama Capt Ali Ibrahim pada pemilihan kepala daerah 2020, PDI Perjuangan tidak akan sendirian mengusung calon petahana pasangan Ali Ibrahim – Muhammad Sinen.

Selain PDI Perjuangan yang mengusung pencalonannya, beberapa partai lain yang telah menyatakan melawan petahana ini akan ikut berkoalisi.

Dikatakannya, isu adanya 11 partai politik yang akan melawan pencalonannya ini, tidak berpengaruh sama sekali dengan pencalonannya bersama Ali Ibrahim, karena menentukan ini bukan pengurus partai di daerah, tetapi DPP yang akan merekomendasi dan sampai saat ini sudah membangun komunikasi dengan beberapa petinggi di DPP.

Baca Juga  Kodim 1502/Masohi Bantu Pembangunan Ponpes Terpadu Binaiya Abdullah Yasin Albayan

Namun, Ali tetap enggan merinci dengan partai mana saja akan berkoalisi.

Sementara itu, Sekretaris DPP Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Maluku Utara, Renol S Banjar, mengaku, tim penjaringan telah dibentuk dan tahapan pendaftaran secara serentak dibuka mulai 5 September hingga 19 September.

“Ada empat Dewan Pimpinan Kabupaten/kota (DPK) yang menjadi fokus kami khususnya pada daerah yang memiliki kursi seperti Halut 3 kursi, Halsel 2 kursi, Haltim dan Taliabu masing-masing 1 kursi. Jadi, bagi calon yang mau mendaftar bisa langsung ke sekretariat tim penjaringan di kabupaten/kota,” katanya. (vonny)