Pilkada Halbar di Tengah Covid-19, TPS Diperkirakan Akan Bertambah

oleh -144 views
Link Banner

Porostimur.com | Jailolo: Proses Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) kembali dilanjutkan terhitung tanggal 15 Juni 2020.

Hal itu setelah sebelumnya sempat ditunda karena pedemi Covid-19. Dalam bentuk langkah awal, keberadaan penyelenggara adhoc seperti PPK dan PPS sebelumnya dinonaktifkan, akan segera kembali diaktifkan oleh KPUD Halbar.

Ketua KPUD Halbar, Miftahudin Yusup kepada sejumlah wartawan mengatakan, pengaktifan penyelanggara adhoc tersebut juga bakal ditindaklanjuti dengan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PP-DP) dalam tahapan pelaksanaan pemuktahiran data pemilih.

“Jadi sekalipun tahapan digelar 15 juni, kemungkinan masih menunggu petunjuk teknis melalui, PKPU khsusunya terkait juknis pelaksanaan tahapan pemuktahiran data pemilih,” kata Mifta Yusup.

Mifta bilang, terkait dengan pelaksanaan tahapan Pilkada di tengah penyebaran Wabah Covid -19, tentunya juga ada kerja sama dengan Pemkab terkait wilayah titik-titik kerawanan penyebaran dampak Covid-19.

Baca Juga  Sandiaga Izinkan PKL Melawai Jualan di Trotoar

” Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tengah wabah pendemi covid-19, diperkirakan bakal bertambah,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dimana berdasarkan ketentuan setiap TPS jumlah pemilih berkisar 400 jiwa pilih, kemungkinan dikurangi, guna menghindari kerumunan

“Untuk pelaksanaan tahapan prinsipnyan kami menunggu juknisnya seperti apa melalui PKPU,” pungkasnya. (ash)