Pimpinan KKB Papua Lekagak Telenggen Tewas di Tangan Satgas Nemangkawi

oleh -69 views
Link Banner

Porostimur.com | Jayapura: Satgas mengambil langkah tegas terukur dengan menembak mati pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Kopengga Enumbi alias Tamu Enumbi (28) merupakan pimpinan Lekagak Telenggen.

Dia ditembak mati pada Selasa (3/8/2021) di Distrik Irimuli Kabupaten Puncak Jaya, Papua setelah melakukan upaya perlawanan pada petugas.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal mengatakan, Kopengga Enumbi merupakan pimpinan Lekagak Telenggen dan memiliki peran yang cukup penting.

Ia berperan dalam memenuhi kebutuhan logistik pergerakan KKB Yambi di bawah pimpinan Lekagak Telenggen.

“Selama ini, Kopengga Enumbi alias Tamu Enumbi berperan dalam memenuhi kebutuhan logistik bagi pergerakan KKB Yambi di bawah pimpinan Lekagak Telenggen,” ujarnya.

Baca Juga  Pengurus DPW NasDem Malut Berganti, Malik Ibrahim Sekretaris Umum

Selain itu, Kopengga Enumbi merupakan adik kandung dari Lerimayu Enumbi yang memiliki posisi penting di kelompok Lekagak Telenggen.

Dikutip dari Kompas.com, pelaku yang ditembak mati itu masuk dalam daftar pencarian orang atas kasus perampasan senjata api.

Kamal menjelaskan, Satgas Nemangkawi sebenarnya hendak menangkap Kopengga hidup-hidup, tetapi ia melawan saat hendak ditangkap.

“Saat dilakukannya penindakan, terdapat perlawan dari pelaku sehingga personel mengambil tindakan tegas terukur dengan menembak Kopengga Enumbi alias Tamu Enumbi yang mengakibatkan pelaku meninggal dunia di tempat,” kata dia.

Kini, jenazah Kopengga Enumbi berada di RSUD Mulia, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya.

(red/tribun/kompas.com)