PKS Maluku optimis bakal caplok jatah 1 kursi DPR RI

oleh -49 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) memang sudah di depan mata.

Apalagi, menjelang penyelenggaraan kedua event politik berskala nasional ini, seluruh partai politik (parpol) sedang bergegas menyodorkan kader-kadernya ke dalam daftar pilihan, termasuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sebagai pernyataan kesiapan mengikuti kedua even politik dimaksud, Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS pun mendaftarkan diri ke Kantor KPU Pusat, Selasa (17/7), sekitar pukul 21.00 Wib.

Dimana, dari total 575 kursi DPR RI yang diperebutkan dalam Pileg 2019 nanti, PKS menyodorkan daftar calegnya sebanyak 538 orang atau 94% dari total kuota yang tersedia.

Link Banner

Jumlah daftar caleg dimaksud, mengalami peningkatan sebesar 6% jika dibandingkan dengan daftar caleg yang diajukan pada saat Pileg tahun 2014 lalu digelar.

Baca Juga  Negerikan Kampus Uniqbu, Yayasan Iqra Buru Dinilai Belum Ikhlas

Hal ini ditegaskan pentolan PKS Maluku, Sudarmo,S.Pi,M.Si, saat berhasil dikonfirmasi wartawan, di Ambon, Rabu (18/8).

”Kita  mendaftarkan 492 nama atau 88% caleg dari kuota 560 DPR. Dari total 538 Caleg, ada 212 atau 40% caleg perempuan. Sisanya, 326 orang atau 60% merupakan caleg laki-Laki. Jumlah total dapil seluruh Indonesia sebanyak 80 dapil. PKS telah mendaftarkan seluruh dapil (100%), termasuk dapil Maluku yang terdiri 4 kursi,” jelasnya.

Dengan terdaftarnya nama 4 caleg DPR RI dapil Maluku yang diajukan ke DPP PKS, akunya, mengindikasikan kesiapan caleg PKS Maluku yang telah melengkapi berkas-berkasnya.

Adapun nama keempat caleg tersebut yakni Sudarmo, Saadiyah Uluputy, Said Faisal Assagaf dan Yuni Shara Tamnge.

Baca Juga  Akhir September 2020, Pemerintah Umumkan Kenaikan Cukai Rokok

Menurutnya, komposisi caleg DPR RI asal PKS Maluku ini merepresintasikan basis dukungan dari masing-masing caleg.

Dimana, dirinya yang selama ini menjadi anggota DPRD Maluku terpilih dari Dapil Kabupaten Buru dan Buru Selatan (Bursel).

Sedangkan untuk Saadiyah Uluputy, jelasnya, terpilih sebagai anggota DPRD Maluku dari Dapil Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Sementara Said Faisal Assagaf, tegasnya, merepresentasikan tokoh yang berpengalaman dari sisi eksekutif.

Sedangkan Yuni Shara Tamnge, terangnya, merupakan sosok tokoh perempuan berbasis di dapil Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Dengan formasi dan komposisi yang disodorkan PKS Maluku ini, tambahnya, Wakil Ketua Komisi C DPRD Maluku pun optimis bakal meraih kursi untuk DPR RI.

Baca Juga  KPK Periksa Legislator Hanura Terkait Kasus Jhon Alfred

”Ya, kami optimis PKS Maluku akan menyumbangkan 1 kursi untuk DPR RI,” singkatnya. (keket)