Pleno terbuka, HEBAT kantongi 570 dukungan sah di Buru

oleh -41 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Dari total 2.856 dukungan masyarakat yang tertera dalam dokumen milik pasangan calon (paslon) Herman Kudubun-Abdullah Vanath (HEBAT), ternyata hanya 570 suara yang dinyatakan sah atau Memenuhi Syarat (MS).

Jumlah dukungan dimaksud hanya sebesar 21,4% dari total dukungan yang dimasukkan sebagai bahan verifikasi faktual (verfak) dan ditetapkan dalam pleno rekapitulasi hasil verfak yang digelar KPU Kabupaten Buru, Sabtu (6/1).

Setelah pleno hasil verfak dilakukan pada 10 kecamatan dan 60 desa yang ada di Kabupaten Buru, paslon HEBAT akhinya mengantongi 570 dukungan Memenuhi Syarat (MS) yang terbagi Kecamatan Namlea (115),  Batabual (104), Liliyali (65), Kayeli (3), Waplau (98), Fenalisela (47), Lolongquba (27), Waelata (26), Waeapo (12) dan Airbuaya (82).

Baca Juga  Citic Seram Energy sumbang 2 unit asrama untuk IPPMB Ambon

Saat berhasil dikonfirmasi wartawan dari Ambon, Minggu (8/1), Ketua KPU Buru, Munir Soamole, membenarkannya.

Link Banner

Menurutnya, selain KPU Buru, Panwaslu Buru yang diwakili Fathi Haris Thalib, Saiful Kabau dan Ambran Sakula pun turut hadir dalam pleno dimaksud.

Begitupun 10 PPK, maupun 4 orang petugas dari KPU Maluku Hingga Bawaslu Maluku pun turut hadir dalam pleno terbuka dimaksud.

Sayangnya, hingga hasil pleno ditetapkan tim pendampingan paslon HEBAT tidak hadir sama sekali.

Padahal, akunya, pihaknya berupaya keras mencari lokasi kantor tim pemenangan HEBAT dengan maksud menghadirkannya dalam pleno dimaksud.

Senada, Komisioner Panwaslu Buru, Ambran Sakula,SH, saat dihubungi, mengaku masih terus berkoordinasi dan meminta petunjuk ke Bawaslu Maluku terkait dengan temuan pelanggaran administrasi paslon HEBAT.

Baca Juga  Malut Ekspor 5 Ton Fuli Senilai Rp1,3 Miliar ke India

”Petunjuk dari Bawaslu, bila ada yang melapor soal penyalahgunaan identitas, agar diarahkan ke kepolisian terdekat,” pungkasnya. (pt-01)