PLN Gunakan Terra Drone untuk Survey Jalur Listrik Desa di Maluku Utara

oleh -120 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: PT PLN (persero) menggunakan jasa Terra Drone Indonesia, salah satu perusahaan grup Terra Drone Corporation yang berbasis di Jepang, untuk melakukan survei pemetaan jalir distribusi listrik desa di wilayah Ternate,  Maluku Utara. 

“Terra Drone berhasil menyelesaikan pekerjaan survei fotogrametri menggunakan drone untuk perencanaan jalur distribusi listrik desa di wilayah Ternate, Maluku Utara. Hasil survei tersebut kemudian akan digunakan oleh PT PLN (Persero) sebagai dasar perencanaan konstruksi jalur distribusi listrik,” kata Michael Wishnu Wardana, Direktur Utama Terra Drone Indonesia, beberapa hari lalu.

Jalur distribusi listrik yang disurvei memiliki panjang koridor kurang lebih 134 km, sambungnya. “Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan drone jenis fixed wing yang memiliki kemampuan untuk menjangkau koridor yang panjang dalam sekali terbang,” jelas Michael.

Baca Juga  Datang ke Manchester United, Ralf Rangnick Disambut Ujian Maha Berat

Diceritakan Michael, Wilayah survei dalam pekerjaan tersebut meliputi hutan dan pesisir laut, yang akan membutuhkan waktu yang cukup panjang apabila survey dilakukan menggunakan metode pengukuran darat. 

“Drone digunakan sebagai solusi untuk mempercepat pekerjaan survei dalam waktu yang lebih singkat, sehingga menghemat biaya serta lebih aman,” tegasnya.

Apalagi pada masa pandemi seperti saat ini, Michael menyebutkan perusahaan diharuskan untuk meminimalisir interaksi pekerja di lapangan. Namun berbagai pekerjaan penting tetap harus dilakukan, sehingga drone dianggap sebagai teknologi mampu membantu mengurangi kebutuhan pekerja dalam jumlah yang banyak. 

“Operator drone yang cukup berjumlah satu orang saja dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dengan aman dan cepat pada situasi tertentu,” katanya.

Baca Juga  Jumlah ODP Corona di Malut Bertambah Jadi 242 Kasus

Sebelumnya Terra Drone Indonesia juga sudah melakukan berbagai aplikasi drone di sektor energi listrik seperti untuk keperluan manajemen vegetasi pada jalur transmisi, inspeksi berkala pada menara transmisi, dokumentasi capaian konstruksi pembangkit listrik, dan pemantauan gardu listrik.

Diharapkan kedepannya lebih banyak lagi aplikasi drone yang dapat dimanfaatkan oleh PLN untuk meningkatkan efektivitas pekerjaan lapangan. (red/rtm)