Polda Maluku terapkan Selasa tanpa kendaraan pribadi

oleh -67 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Hari Selasa dipilih sebagai penerapan program satu hari tanpa kendaraan pribadi.

Langkah ini sengaja diterapkan Polda Maluku dengan maksud meminimalisir volume polusi kendaraan dan kemacetan di Kota Ambon.

Hal ini dibenarkan Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs Royke Lumowa,MM, saat berhasil dikondfirmasi wartawan, Selasa (2/10).

Link Banner

Sedianya, ide ini akan diterapkan pekan depan, dimulai dari jajaran Polri di Kota Ambon.

Menurutnya, satu hari tanpa kendaraan pribadi ini akan diterapkan setiap hari Selasa.

Dimana seluruh jajaran Polri, baik anggota maupun pegawai akan berkantor dengan menggunakan sepeda, becak atau alternatif lain yang akan disiapkan seperti bus antar jemput.

”Saat ini kita sementara lakukan sosialisasi. Mungkin minggu depan ide ini akan diterapkan. Dan kita berharap dengan ide ini paling tidak meminimalisir kemacetan di pusat Kota Ambon,” ujarnya.

Baca Juga  Laturiuw : e-raport banyak miliki keunggulan dan kemudahan

Dalam pantauan wartawan, di lapangan, beberapa petinggi Polda Maluku sudah mulai menggunakanm sepeda ke kantor, salah satunya DirLantas Polda Maluku, Kombes Pol. Heru Trisasono.

Saat dikonfirmasi terpisah, Trisasono menegaskan bahwa program tersebut untuk menghindari polusi dan kemacetan di pusat Kota Ambon.

”Ide Kapolda ini untuk menghindari kemacetan dan polusi udara. Selain itu agar masyarakat juga lebih sehat. Bisa pake sepeda. Kita juga akan sediakan bus. Tapi untuk saat ini sebenarnya masih sosialisasi. Dan saya mengenakan sepeda ke kantor,” singkatnya. (keket)