Polda Malut Imbau Masyarakat Waspada Kejahatan Modus Virus Corona

oleh -120 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate Kabidhumas Polda Maluku Utara (Malut), AKBP Adip Rojikan, mengimbau agar masyarakat waspada terhadap modus baru kejahatan berkaitan dengan adanya wabah virus corona.

Menurutnya masyarakat perlu waspada apabila ada petugas kesehatan yang mengaku akan melakukan penyemprotan disinfektan. Masyarakat, kata dia, perlu mengecek kebenaran petugas tersebut agar terhindar dari modus kejahatan baru.

“Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh masyarakat agar betul-betul dicek surat perintah tugas kemudian identitas dari petugas itu sendiri,” kata Adip melalui press klaar yang diterima redaksi porostimur.com, Rabu (18/3/2020) di Ternate.

Adip menghimbau agar apabila ada kejanggalan, masyarakat perlu segera melaporkan kepada pihak kepolisian setempat atau aparat pemerintah dari tingkat kewilayahan.

Pasalnya, kata dia, petugas itu semestinya melakukan pekerjaan dengan sepengetahuan aparat kewilayahan seperti RT, RW, maupun tingkat desa atau kelurahan.

Baca Juga  Lionel Messi Lelah dengan Rumor Masa Depannya

“Tentunya kalau petugas dari kesehatan akan melakukan itu, atas pengetahuan dari RT dan RW setempat,” kata dia.

Di wilayah Maluku Utara sendiri, menurutnya belum ditemukan kasus seperti itu. Namun, kata dia, imbauan ini perlu disampaikan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat.

“Modus-modus yang digunakan dengan kondisi memanfaatkan kekhawatiran masyarakat. Nah pelaku-pelaku kejahatan ini, tentunya akan menggunakan kesempatan itu, dengan melakukan kejahatan,” katanya. (red)