Polda Malut Telusuri Dugaan Penyelundupan Sianida ke Halsel oleh OTK

oleh -31 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Kepolisian Daerah Polda Maluku Utara (Malut) Melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Malut bakal menindak tegas atas dugaan adanya bahan kimia yang berjenis sianida yang dimasukan ke kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) oleh orang tak dikenal (OTK).

Direktur Reskrimsus Polda Maluku Utara, Kombes (Pol) Alfis Suhaili kepada wartawan pada Saptu (16/1/2021) mengaku saat ini pihaknya sedang melakukan pengumpulan bahan dan keterangan (Pulbaket) atas dugaan keberadaan bahan kimia berjenis sianida yang dipasok ke Halmahera Selatan secara diam-diam.

“Betul kami dapat informasi tentang adanya sianida yang pasok ke kkabupaten Halsel. Untuk itu. Tim Subdit IV bidang Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) masih melakukan Pulbaket di lapangan,” katanya.

Baca Juga  HMI dan GPM Demo Kepsek SMK Negeri 10 Kepulauan Sula

Disentil dugaan informasi pemasokan bahan kimia sianida ini untuk digunakan di sebuah lokasi pertambangan emas ilegal tepatnya di salah satu desa di Kabupaten Halsel, Alfis mengaku pihaknya juga sementara menelusuri dugaan tersebut.

“Intinya masalah ini tim masih mendalaminya,” tukasnya.

Alfis menambahkan, pihaknya dalam mengungkap hal tersebut, sudah memulai penelusuran sampai terjun melakukan Pulbaket sejak tahun 2020 kemarin.

“Sekarang penyidik masih berpedoman pada prinsip alat bukti yang akan dikumpulkan. Jika penyidik temukan alat bukti yang cukup dan terdapat pelanggaran, akan dilakukan penyidikan,” pungkasnya. (adhy)