Polda Papua Barat gelar Operasi Patuh Mansinam 2018

oleh -63 views
Link Banner

@Porostimur.com | Manokwari :Operasi Patuh Mansiman tahun 2018, digelar Polda Papua Barat selama 14 hari, terhitung 26 April hingga 9 Mei 2018 mendatang.

Dimana, Operasi Patuh Mansinam 2018 ini dilakukan semata-mata untuk memberikan rasa aman dan nyaman, dalam mempersiapkan diri menyambut bulan suci bagi umat Islam di Papua Barat.

Operasi Patuh Mansinam 2018, dipastikan bakalan melibatkan ratusan personil dari Polres sejajaran Manokwari, para Pejabat Menangah (Pamen) Polda Papua Barat, yang akan menyisir seluruh ruas jalan dalam Kota Manokwari.

Karenanya, Polda Papua Barat menggelar upacara apel gelar pasukan di halaman upacara Markas Polda Papua Barat, di Andai, Kamis (26/4).

Link Banner

Apel gabungan gelar pasukan ini dihadiri seluruh Pejabat Tinggi (Pati) Polda Papua Barat, TNI AD dan TNI AL, Brimob, POM, Satpol PP dan Senkom.

Baca Juga  Problem Penanganan Kesehatan di Era Feodalisme Politik
Wakapolda Papua Barat Komisaris Besar (Kombes) Pol. Drs. Tatang didampingi Kabid Humas Papua Barat AKP. Hary Supriyono

Sementara Wakil Kapolda (Wakapolda) Papua Barat Komisaris Besar (Kombes) Pol. Drs. Tatang, bertindak sebagai inspektur upacara (irup).

Dalam arahan dan sambutannya, Tatang menjelaskan bawah sesuai sambutan Kakorlantas Polri, Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Drs. Royke Lumowa,MM, diharapkan tidak ada unsur kesengajaan untuk melakukan pungutan liar terhadap pemilik kendaraan, oleh seluruh anggota yang bertugas pada saat Operasi Patuh Mansinam 2018 digelar.

Jika kedepan diketahui ada anggota yang dengan sengaja melakukan perbuatan dimaksud, akunya, maka anggota tersebut akan diberikan sanksi sesuai aturan hukum yang berlaku di Indonesia.

Baca Juga  2020, Bandar Antariksa Kecil Dibangun di Biak

”Saya menegaskan bagi seluruh anggota polisi di lingkungan Polda masing-masing Provinsi, dan Kabupaten Kota, untuk tidak lakukan pungli, saat melaksanakan Operasi di lapangan. Jika mendapat laporan tersebut, maka di wajibkan untuk anggota tersebut diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Bukan saja kelengkapan dan surat kendaraan bermotor yang akan diperiksa, jelasnya, namun pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat untuk membantu pihaknya.

Caranya, yakni segera melapor kepada pihaknya jika mendapat perlakuan yang tidak layak dari anggota, atau didapati ada indikasi pungli atau menyogok anggota.

”Operasi Patuh Mansinam kali ini, akan berlangsung selama 14 hari kedepan. Selain itu, merupakan upaya kita untuk menghargai saudara kita yang muslim, dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri pada bulan Mei mendatang. Sekali lagi Saya himbau kepada masyarakat untuk bersama membantu polisi, agar tidak terjadi pungli atau menyogok anggota, atas kesalahan yang dilakukan oleh oknum pengendara,” pungkasnya. (jefri)