Polemik Program Tanki Septik, Sambonu Bilang Nimreskossu Jangan Gagal Paham

oleh -139 views
Link Banner

Porostimur.com | Saumlaki: Polemik antara Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Wermanassar Desa Namtabung dengan beberapa anggota masyarakat Namtabung soal pembangunan sejumlah tangki septik yang dikerjakan oleh KSM tahun 2019 yang belum rampung 100% berbuntut panjang.

Setelah Kepala Desa (Kades) Namtabung menanggapi laporan masyarakat di media, kini giliran Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Namtabung, Korinus Nimreskossu yang angkat bicara terkait persoalan tersebut.

Pernyataan Nimreskossu itu pun kembali ditanggapi Steven Sambonu. Kepada media di Saumlaki, Sambonu menjelaskan, bahwa apa yang dilaporkan Apolos Oratmangun bersama beberapa rekannya kepada Isnpektorat dan Polres KKT, itu semata-mata untuk merespon keluhan masyarakat penerima bantuan tangki septik yang dikerjakan KSM Wermanassar, serta apa yang disampaikan kepada pihak terkait tidak pernah mengatasnamakan BPD Desa Namtabung.

Baca Juga  Bikin AMDAL Abal-Abal, BPK Suruh PT. Terasis Erojaya Kasih Pulang Setengah Milyar ke Kas Daerah

“Beta (saya) bersama rekan-rekan dalam menyampaikan laporan kepada Inspektorat dan Polres KKT tidak pernah saya bawah jabatan saya sebagai sekretaris BPD saat ini, karena itu saya sangat sesalkan pernyataan ketua BPD, Korinus Nimreskossu karena itu saya mau bilang ketua BPD Namtabung jangan gagal paham”, ujarnya kepada Porostimur.com, Jumat (6/8/2021).

Langkah yang diambil oleh ketua BPD bagi Sambonu, tidak berpihak kepada masyarakat yang telah mengutusnya untuk duduk di kursi terhormat itu, karena yang bersangkutan ada di Desa Namtabung tetapi seakan-akan tidak memiliki mata dan telinga untuk melihat dan mendengar jeritan masyarakat.

“Terkait pernyataan Nimreskossu yang mau mengevaluasi kinerja sekretaris BPD silahkan saja, yang penting bisa menunjukan kesalahan fatal apa yang saya lakukan selama ini. Sebagai Ketua BPD, Nimreskossu seharusnya memainkan peran untuk megayomi semua masyarakat bukan sebaliknya”, kesal Sambonu.

Baca Juga  Taher Karepesina Pimpin Federasi Arung Jeram Maluku

Di tempat yang sama, Apolos Oratmangun mengatakan, proses laporan yang dibuat bersama rekan-rekannya murni perjuangan, karena itu diharapkan kepada seluruh masyarakat Namtabung untuk tidak terprovokasi dengan situasi saat ini.

“Yang kami soroti dalam laporan yang di tujukan kepada Inspektorat dan Polres KKT adalah kerja KSM Wermanassar. Kami bukan lapor Pemerintah Desa Namtabung, yang kami laporkan adalah kinerja KSM Wermanassar”, tutur Oratmangun. (alena)