Polisi Bitung Tangkap Pelaku Pencurian Hp di Atas Kapal Pandu

oleh -134 views
Link Banner

@porostimur.com | Bitung: Kolaborasi anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Samudera (KPS) Bitung dan Tim Tarsius Wilayah Timur, berhasil menangkap dua orang pelaku pencurian diatas kapal di Wilayah Pelabuhan Nusantara Bitung, Sabtu (27/7).

Pelaku yang yang ditangkap DA alias Dedi (18), warga Bitung Barat Satu dan SK alias Epen (22), warga Wangurer Utara serta satu orang penadah FJ alias Isal Kento (40) warga Bitung Timur.

Untuk membenarkan penangkapan pelaku pencurian, Kapolsek KPS Bitung, MAY Diana Sitepu SIK mejelaskan, Dedi dan Epen melakukan pencurian handpone milik ABK Kapal Pandu MPI Sarena, Selasa 23 Juli 2019 silam.

Link Banner

Dari pengakuan Dedi dan Epen, sebelum mencuri bahwa kapal pandu ini sudah digambar terlebih dahulu. Begitu seluruh ABK sudah tertidur pulas, Dedi masuk ke dalam kapal dan menggasak hp milik ABK.

Baca Juga  Edukasi Warga, Tim Pemantau & Monitoring Covid-19 Kota Ambon Bagi Masker Kepada Warga

Sementara Epen tugasnya hanya memantau situasi. Setelah aksi mereka berhasil, handpone hasil curian itu dijual dengan harga bervariatif.

Adapun penangkapan ini dipimpin oleh Katim Tim Tarsius Wilayah Timur, Ipda Tuegeh Darus S Sos, Jumat 26/7/2019, dilokasi yang berbeda.

Barang hasil curian yang disita,1 buah hp Samsung J3 Pro, 1 buah Hp Samsung Tab S4, uang Rp 600 ribu sisa hasil penjualan Hp Sony Experia XZ5 dan sejumlah barang lainnya.

Para pelaku dan barang bukti sudah diamankan Mako Polsek KPS Bitung, untuk kepentingan proses penyidikan lebih lanjut. Mereka dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke 3e KUHP Sub Pasal 362 KUHP Jo Pasal 55 KUHP dan Pasal 480 KUHP. (Dan)