Polisi Kepulauan Sula Kembali Menangkap Pengedar Ganja di Sanana

oleh -80 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Satuan Narkoba Polres Kepulauan Sula, kembali menangkap seorang pemuda yang diduga terlibat kasus narkoba Bagas alias BK (21) di rumahnya di Desa Fogi, Rabu (20/1/2021), sekira pukul 09.45 WIT.

BK alias Bagas ditangkap karena memilik satu paket ganja seberat 2,17 ons dan satu buah tas noken. Penagkapan ini dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba Iptu I. Komang Suriawan yang didampingi personilnya.

Kronologis penangkapan yang dilantongi transtimur.com, menyebutkan Pada Rabu (20/1/2021), sekira pukul 09.45 wit, anggota opsnal sat Narkoba Polres Lepulauan Sula melakukan penyelidikan terhadap informasi yang di peroleh dari salah satu masyarakat bahwa ada seorang penumpang Kapal KM.Permata Obi membawa narkotika jenis ganja.

Setelah mendapat informasi tersebut, anggota opsnal Sat Narkoba Polres kepualuan sula yang di pimpin langsung oleh Kasat Narkoba Iptu I Komang Suriawan,SH bersama anggota opsnal  melakukan monitoring di pelabuhan Sanana dan Desa Fogi kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula.

Kemudian berselang beberapa jam kemudian warga inisial BK alis Bagas diamankan. dan saat dilakukan penggeledahan badan di dalam rumah BK di peroleh satu Paket ganja kering yang disimpan dalam tas Noken dengan berat bruto 2,17 Ons. BK dan barang bukti langsung diamankan di Polres Kepulauan Sula, Polda Maluku Utara.

Baca Juga  Peringati Hari Pahlawan, PPSWPA-SALAM Tual Gelar Acara Semalam di Letman

Kasat Narkoba, Iptu I.Komang Suriawan, saat ditemui diruang kerjannya siang tadi menyampaikan, BK alias Bagas dijerat dengan pasal 114 ayat 1 dan pasal 111 ayat 1 UU nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Bagas terancam hukuman penjara 5 Tahun sampai 10 Tahun dan denda paling sedikit Rp 1 miliar dan paling banyak Rp 10 miliar. Kasus ini masih dalam tahapan penyelidikan,”tutup komang.

Tiga orang tersangka Narkoba sebelumnya

Sebelumnya, Penyidik Polres Kepulauan Sula, telah menetapkan tiga tersangka Narkoba di Kepulauan Sula, dua diantaranya di Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Dua tersangka Narkoba yang ditangkap di Bobong, Pulau Taliabu tersebut masing-masing berinisial AA alias Arki (22) dan insial SS alis Anto. Sementara satu tersangka yang ditangkap di Desa Fagudu, Kecamatan Sanana insial M.

“Ketiga orang ini kami tetapkan tersangka karena memiliki barang bukti tiga saset narkoba jenis sabu seberat 0,7 Kg dan sebuah kacah pirek,”kata Kasat Narkoba Kepsul IPTU I. Komang Suriawan saat menggelar konfrensi Pers di Polres Kepulauan Sula, Selasa (19/1/2021).

Baca Juga  Polda Maluku Ikut Peringatan Hari Ibu ke 92 Tahun

Dia, menyampaikan tersangka SS alis Anto ditangkap oleh anggota Sat Narkoba di Desa Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulaua Taliabu, tepat pada tanggal 22 Desember 2020, sekira pukul 22.00, Wit.

“Tersangka SS ditangkap dan diperoleh barang bukti Narkotika jenis sabu serta alat isap dan satu buah kaca pirek. Kemudian tim kami melakukan pengembangan dan satu jam kemudian kami amankan seorang pemuda inisial AA alias Arki (22)

“dari hasil penangkapan saudara SS di peroleh barang bukti narkotika jenis sabu serta alat isap satu buah kacah pirek kemudian tim kami telah melakukan pegembangan terhadap bersakutan satu jam kemudian kami mengamankan seorang pemuda berinisial AA alia Arki (22), disertai dengan barang bukti dua saset Narkotika jenis sabu seberat 0,6 kg,”jelas Komang Suriawan.

Kemudian Tambah Komang, pada hari rabu tanggal 13 Januari 2021 sekitar pukul 14:30 Wit tim satgas narkoba polres kepulauan sula mendapat informasi bahwa akan ada transaki narkotika jenis sabu di daerah Desa Fagudu kecamatan sanana Kabupaten Kepulauaan Sula.

Baca Juga  Sergio Aguero Tak Ragu Sebut Virgil van Dijk Bek Terbaik Dunia

“Dari informasi tersebut tim opsnal melakukan penyelidikan dan benar sekitar pukul 16:30 Wit. tim kami langsung amankan tersangka inisial M disertai barang bukti satu saset narkotika jenis sabu seberat 0,1 kg. Ketiga tersangka tersebut kini ditahan di Polres Kepsul,”ungkapnya.Baca Juga  Sikap DPP PKS: Kami Terus Menjadi Oposisi Pemerintah Jokowi-Maruf

Komang bilang, kemarin kami melakukan gelar perkara bersama Kasiwas dan penyidik sehingga kami naikkan satatus ke tahap penyidikan dan mereka sudah ditahan terhitung sejak hari ini, Selasa (18/1/2021).

“Berkas AA dan SS sudah kami kirim ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bobong, Pulau Taliabu,”tutur Komang.

Tambah Komang, berdasarkan hasil gelar perkara, tersangka AA dan SS dijerat dengan pasal 112 ayat 1 Supsider 127 Undang-undang nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika

“Kemudian kami tindak lanjuti dengan membawa barang bukti ke Laboraturium Polri Cabang Makassar dan kami akan melakukan asesmen dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku Utara, di Ternate,” tutupnya. (red)