Polisi Tembak Pelaku Spesialis Pencuri Handpone Dalam Mobil di Bitung

oleh -156 views
Link Banner

[carousel_slide id=’12211′]

porostimur.com | Bitung: Seorang pelaku spesialis pencuri hand phone didalam mobil sedang terpakir berhasil dibekuk petugas kepolisan Resort Polres Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, Selasa (13/8).

Pengungkapan kasus disampaikan Katim Tarsius Wilayah Timur, Ipda Tuegeh Darus S Sos kepada Porostimur.com melalui pesan singkat Whats Aps.

Link Banner

Darus mengatakan, pelaku yang diamankan satu orang laki-laki berinisial AA alias Aco Ayam (32), Warga Winenet Dua, Kecamatan Aertembaga.

“Pelaku melakukan aksi pencurian dibeberapa wilayah, untuk di Kota Bitung sendiri ada sebanyak 8 kali, Minut 1 kali, Manado 3 kali dan Bau-Bau 1 kali”, ujarnya

“Pelaku kami tangkap di Kelurahan Bitung Tengah, Senin 12/8/2019 kemarin, berdasarkan LP Nomor: LP/161/VIII/2019/SULUT/Res-Btg/Sek-Maesa, tanggal 6 Agustus 2019 dan LP Nomor : LP/166/VIII/2019/SULUT/Res-Btg/Sek-Maesa, tanggal 12 Agustus 2019”, sambung Darus.

Ia menambahkan, dari tangan pelaku ditemukan barang bukti 3 buah handpone dan 1 unit kendaraan sepeda motor Suzuki FU 125 warna biru, diduga kendaraan tersebut dipakai untuk beroperasi.

Baca Juga  Wabah Corona Tidak Berpengaruh Pada Pelaksanaan Ujian Madrasah Di Halamahera Selatan

Perlu diketahui, pelaku Aco ini sudah 3 kali keluar masuk Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tewaan, dengan kasus pencurian dan kasus pencabulan anak dibawah umur.

Untuk mengambil HP milik korban, pelaku tidak segan-segan merusak pintu mobil. Kemudian, hp hasil curian diberikan kepada temannya untuk dijual dan sebagiannya lagi disimpan.

“Uang hasil penjualan barang hasil curian tersebut, hanya dipakai untuk berfoya-foya, bermain judi kartu dan main sabung ayam”, beber Darus.

Menurutnya, pelaku saat diamankan melarikan diri dan hendak melawan petugas. Maka dari itu, pelaku dilakukan tindak tegas terukur alias ditembak dibagian kedua kakinya.

“Setelah itu, pelaku dan barang bukti diserahkan ke penyidik Reskrim Polsek Maesa Polres Bitung, untuk dilakukan proses pemeriksaan lanjut”, pungkasnya.

Baca Juga  Dugaan Makar, Kapolri Didesak Periksa Panja & Partai Pengusul RUU HIP

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku disangkakan dengan Pasal 363 ayat (1) ke 3e subsider Pasal 362 KUHP, ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Dan)