Politik Sepak Bola Gajah

oleh -60 views
Made Supriatma

Oleh: Made Supriatma, Peneliti dan jurnalis lepas. Saat ini bekerja sebagai visiting research dellow pada ISEAS-Yusof Ishak Institute, Singapore

Ini adalah pasangan calon walikota Solo pada Pilwakot 2020. Mereka adalah Bagyo Wahyono – FX Supardjo. Mereka maju sebagai calon independen setelah berhasil mengumpulkan 45.329 dukungan berupa KTP dan dari jumlah itu sebanyak 35.142 KTP diverifikasi sah oleh KPUD. Pasangan ini memenuhi syarat karena berhasil menghimpun 8.5% dukungan dari jumlah pemilih sebelumnya.

Mengumpulkan 40an ribu KTP itu bukan sesuatu yang mudah. Ia perlu beaya. Setiap fotokopi KTP dan KK itu harus ditaruh dalam satu map folder. Dan KPUD akan mengambil sampel untuk melakukan verifikasi administratif dan verifikasi faktual.

Baca Juga  Desak Polisi Usut Hilangnya Istri Prajurit TNI, Ketua Korcab PMII Maluku: Itu Kader Kami!

Jangan bayangkan ini pekerjaan yang enteng. Ini adalah sebuah operasi politik yang besar dan memakan beaya.

Sementara itu, Bagyo Wahyono dan pasangannya F.X. Supardjo bukanlah orang berada. Bagyo Wahyono adalah mantan penjahit baju di Pasar Gede Solo. Sementara F.X. Supardjo adalah seorang Ketua RW dan pensiunan instruktur di sebuah Balai Latihan Kerja.

Mereka jelas tidak punya uang untuk menjalankan operasi politik sedemikian besar. Bahkan saya kira hanya untuk menyediakan map folder untuk sekian ribu KTP saja pun mereka tidak sanggup. Namun, faktanya, mereka lolos dari proses verifikasi.

No More Posts Available.

No more pages to load.