Politik Vaksin Covid-19

oleh -36 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Di Tengah pandemi virus corona baru (Covid-19), vaksin menjadi isu yang paling hangat jadi pembahasan masyarakat. Untuk meyakinkan masyarakat beberapa kali Presiden Jokowi menegaskan bahwa dirinya akan menjadi orang pertama yang akan disuntik vaksin.

Penegasan itu seperti menjadi jawaban atas pro dan kontranya vaksin Covid-19 Sinovac yang sudah didatangkan ke Indonesia dari China sebanyak 3 juta dosis.

Termasuk penjelasan Menkes baru Budi Gunadi Sadikin yang mengatakan bahwa PT Bio Farma telah membuat perjanjian jual beli vaksin dari AstraZeneca yang berbasis di Inggris dan Novavax di Amerika Serikat. Total pembelian mencapai 100 juta dosis vaksin, dengan masing-masing sebanyak 50 juta dosis.

Baca Juga  Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1441 H Jatuh pada Jumat 24 April 2020

Pemerintah sendiri menjadwalkan vaksinasi akan dilakukan pekan depan tanggal 13 Januari. Meski sudah disebarkan ke 34 Provinsi, pemerintah juga masih menunggu hasil uji klinis dari BPOM dan fatwa halal dari MUI.

Link Banner

Menjadi pertanyaan banyak pihak, bagaimana politik Vaksin Covid-19? apakah politik anggarannya benar-benar mencukupi untuk menggratiskan vaksinasi dengan jumlah penduduk sekitar 267 juta orang?

Bagaimana seharusnya pemerintah mengelola masyarakat yang masih meragukan keamanan dari vaksin yang akan dimulai pekan depan ini?

Apa saja yang perlu menjadi catatan penting dalam proses perencanaan dan penanganan Covid-19 hingga pelaksanaan Vaksinasi berjalan efektif?

Muaranya vaksinasi Covid-19 ini adalah melindungi seluruh rakyat dari paparan virus mematikan yang telah menyebabkan 23 ribu warga Indonesia kehilangan nyawanya.

Baca Juga  Rosna Pesilette, Summiters Perempuan Pertama dari Maluku

Atas dasar itulah Sesi Tanya Jawab Cak Ulung persembahan Kantor Berita Politik Republik Merdeka (RMOL), kembali mengajak anda untuk berdiskusi daring membahas vaksinasi Covid-19 pada:

Hari tanggal : Kamis, 7/1/2020
Pukul : 14.00-15.00 WIB
Narasumber: Dr Saleh Partaonan Daulay (Ketua Fraksi PAN DPR RI yang juga angggota Komisi IX DPR RI)
Tema: Politik Vaksin Covid-19

Yuk join dengan klik tautan ini:

Join Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/2153711728?pwd=NDNTUHczUm1yZ21WMk9hdkpPc1F2QT09

Meeting ID: 215 371 1728
Passcode: RMOLID

(red)