Politisi NasDem Minta Pemerintah Kepsul Bentuk Tim Percepatan Penanganan COVID-19

oleh -108 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Sebagai langkah untuk mencegah penyebaran COVID-19, Politisi NasDem, Damrin Panigfat, S.Pt meminta pemerintah daerah membentuk Tim Percepatan Penanganan COVID-19.

Idham juga meminta Dinas Kesehatan bekerja cepat untuk mendeteksi virus corona terhadap 25 Anggota DPRD Kepsul dan Pemda yang sering ke luar daerah.

Hal ini agar terjadi sinergi yang kuat untuk mencegah penyebaran COVID-19 dengan melibatkan seluruh komponen bangsa bukan hanya pemerintah pusat, Namun pemerintah daerah, juga akademisi, peneliti, media, dunia usaha & masyarakat.

“Percepatan penanganan COVID-19 dimaksudkan untuk mencegah penyebaran COVID-19 dengan menjaga yang sehat jangan sampai sakit,” ujar Damrin Panigfat

Politisi NasDem asal Kepulauan Sula ini menyebut, strategi ini harus diawali dengan memutus penularan yaitu menutup semua akses daerah-daerah yang sudah terinfeksi yang terdekat seperti Manado dan Obi.

Baca Juga  Polres Buru Gelar Anev Harian Opersasi Lilin Siwaliama 2020

Damrin Panigfat menyampaikan Pemerintah Kepulauan Sula harus bertindak cepat sebelum wabah menular di kepulauan Sula.

“Menutup sementara perhubungan dari Obi dan Manado, menghentikan pemasok barang-barang bahan pokok untuk, menekan ganasnya penularan virus corona, ” katanya.

Idham menyatakan, penyakit ini pasti menular dari yang sudah positif. Karenanya harus dilakukan secara masive dan terintegrasi dengan melibatkan semua komponen untuk mencari, menemukan dan mengisolasi.

“Setiap kasus positif dan dirawat akan ditindaklanjuti dengan contact tracing dan memastikan bahwa yang tertular bisa segera dilakukan isolasi agar tidak menjadi sumber penyebaran,” pungkasnya.

Update Coronavirus Indonesia:

Kota Persebaran COVID-19 per 15 Maret
Daftar wilayah persebaran virus corona COVID-19 di Indonesia per 15 Maret pagi.

Baca Juga  Yon Marhanlan Dukung Lantamal IX Serta Salurkan Bantuan Peduli Covid-19

Kasus virus corona COVID-19 di Indonesia bertambah 27 orang pada Sabtu (14/3/2020), sehingga jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Indonesia menjadi 96 orang per Minggu (15/3/2020) pukul 08.00 WIB.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes), mencatatkan wilayah persebaran COVID-19 hingga pagi ini tersebar di beberapa kota, yaitu:

  1. Jakarta, Provinsi DKI Jakarta
  2. Tangerang, Banten
  3. Bandung, Jawa Barat
  4. Solo, Jawa Tengah
  5. Yogyakarta, DIY
  6. Bali
  7. Manado
  8. Pontianak
  9. dan beberapa tempat lagi yang saat ini sedang dilakukan contact tracing.