Polres Bitung Gelar Apel Pengamanan Pawai Parade Tauhid

oleh -79 views
Link Banner

Porostimur.com | Bitung: Ratusan aparat dari jajaran Polres Bitung, Brimob Sulut, Polairud Polda Sulut, Satpol Pamong Praja dan Dinas Perhubungan Kota Bitung, menggelar apel persiapan pengamanan pawal Parade Reuni Tauhid, Sabtu (2/10).

Apel yang dilaksanakan didepan Kantor Mapolsek Maesa, dipimpin oleh Kabag Ops, Kompol Mohammad Kamidin S Sos MSI.

Dalam arahan Kapolres Bitung, AKBP Stevanus Michael Tamuntuan SIK SH menyampaikan, apel pengamanan ini dalam rangka pengamanan pawai tauhid yang diselenggarakan salah satu ormas Barisan Solidaritas Bitung.

Kegiatan ini juga sudah diijinkan, berarti sudah sah untuk dilaksanakan dan dibawah dalam pengawasan kita sebagai aparat keamanan.

Sebelum kegiatan dilaksanakan, kami sudah mengadakan rapat dengan panitia dan beberapa eleman masyarakat di Kota Bitung. Intinya, Kota Bitung siap menerima kegiatan ini dan Polres Bitung siap mengamankannya.

Baca Juga  Kreasi dan inovasi DD, bantu angkat derajat desa di Maluku

Menjadi tugas fokus kita dalam kegiatan hari ini adalah mengamankan kegiatan tersebut agar berjalan dengan aman dan lancar, sesuai dengan apa yang diharapkan serta mencegah sampai terjadinya konflik.

Mencegah apabila peserta melanggar dari ketentuan berupa waktu dan tempat, atribut yang digunakan serta rute yang akan dilalui para peserta pawai.

“Apabila ada hal – hal dilapangan yang perlu kita ambil, maka jalur akan kita pangkas. Peserta yang tidak masuk dalam daftar panitia, akan dikeluarkan dari barisan, tidak diiperbolehkan membawa senjata tajam, atribut yang dilarang “.

Menurut ketentuan hukum berlaku, bendera yang diakui pemerintah hanyalah bendera tauhid. Maka dari itu, peserta tidak diperbolehkan membawa bendera berbau radikalisme berupa bendera HTI atau bendera ISIS.

Baca Juga  Sukseskan Pesparani, DPD RI siap kawal kucuran dana di kementerian

Apabila dari ketentuan diatas itu dilanggar agar ditindaki, begitu juga dengan pihak lain yang mencoba menggangu, membatalkan atau membuat masalah segera diamankan dan dibawa ke Mako Polsek Maesa.

“Saya selaku penanggungjawab akan bertanggungjawab penuh terhadap tindakan saudara – saudara ambil dilapangan karena kita melaksanakan kegiatan pengamanan berdasarkan undang – undang yang berlaku,” ujar Tamuntuan. (dan)