Polres SBB Bersihkan Jalan Trans Huamual yang Diblokir Warga

Porostimur.com | Piru: Karena tidak mengiginkan adanya pembuatan pos pengamanan pada lokasi tambang, sejumlah menutup seluruh badan jalan di ruas ruas jalan trans Huamual yakni pada Dusun Uhe areal Tetehua sampai dengan Dusun Hulung Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dengan mengunakan batang pohon kayu.

Menurut keterangan dari para pegendara roda 2 dan roda 4 bahwa diperkirakan pemalangan tersebut dilakukan pada waktu Sholat Jumat sekitar pukul 12:30 WIT kemarin.

Adapun ruas jalan Trans Huamual dari Dusun Hulung areal Tetehua sampai dengan Dusun Hulung sepanjang -+ 5 KM dipalang di enam titik oleh sejumlah oknum dental menggunakan batang pohon kayu yang ditebang dengan berbagai ukuran.

Akibat dari pemalangan tersebut megakibatkan arus lalu lintas dari Kecamatan Huamual ke Kota Piru dan sebaliknya lumpuh.

Hasil pantauan di lapangan penutupan bukan hanya personil TNI dan Polri yang tidak dapat melintasi jalan tersebut, tetapi masyarakat umum juga mendapat imbas karena tidak bisa menuju Iha, Luhu dan Kulur.

Bahkan lebih tragis lagi masyarakat setempat tdk membantu membuka akses jalan.

Mendapat laporan dari Polsek Huamual, Kapolres SBB, AKBP. Bayu T Butar Butar, SIK, memerintahkan personil gabungan Polres dan Brimob Kompi IIB Piru berjumlah 16 personil bergerak untuk membersihkan jalan dimaksud guns kelancaran masyarkat yang akan menuju ketiga negeri atau sebaliknya menuju Kota Piru.

“Ini jalan utama tdk boleh ada yang menghalangi, karena jalan adalah akses publik. Kita harus memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat, ungkap Kapolres SBB.

Bayu mengatakan, pada pukul 21.40 WIT, tadi malam, personil Polres dan Brimob telah tiba di lokasi dan telah bergabung dengan personil Polsek Huamual yang sudah tiba sebelumnya.

Personil gabungan yang berjumlah 30 orang kemudian melaksanakan pembersihan di lokasi menggunakan 2 unit mesin shansaw dan juga dibantu oleh 2 orang masyarakat.

“Kami menghimbau dan mengharapkan kedepan kejadian ini tdk terulang lagi”, ungkap Kapolres SBB.

“Pada Pukul 23.00 Wit kegiatan selesai dan jalur sudah dapat dilalui oleh kendaraan roda 2 maupun roda 4. Situasi kamtibmas dalam keadaan kondusif”, tambah Kapolres. (keket)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: