Polres Ternate Periksa Kalapas Terkait Peredaran Narkoba di Dalam Lapas

oleh -5 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Penyidik Satuan Reserse Narkoba (Satnarkoba) Polres Ternate melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Ternate, Maluku Utara, Maman Hermawan, Senin (1/2/2021).

Maman diperiksa penyidik berkaitan dengan peredaran narkoba yang sering mengarah ke narapidana Lapas Ternate.

Mengenakan seragam dinas, Maman diperiksa penyidik sejak pukul 10.00 WIT hingga berakhir pukul 12.52.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Ternate, Maman Hermawan usai diperiksa mengatakan, dirinya datang ke penyidik Satnarkoba hanya dimintai keterangan bagaimana fungsinya sebagai pengawasan hukum di kantor Lapas Ternate.

Maman yang diwawancarai usai pemeriksaan mengungkapkan, ia ditanyai terkait dugaan peredaran narkotika di dalam Lapas.

“Mereka penyidik tanya ke saya hanya spesifik secara umum saja, menyangkut dengan peredaran narkoba di Lapas,” ujar Maman.

Baca Juga  Tim Covid-19 Pusat dan Provinsi Monitoring ke Posko Halbar

Maman bilang, jika ada narkoba di Lapas, yang tahu adalah penyidik, bukan pihak Lapas. Sebab penyidik yang melakukan penangkapan dan penyidikan.

“Dan itu sebagai fungsi pengawasan dipastikan di Lapas tidak ada narkoba,” kata dia.

Menurutnya, sejauh ini pihaknya terus rutin melakukan penggeledahan benda-benda terlarang di Lapas. Dengan begitu, fungsi pengawasan tetap dijalankan sebagaimana mesti.

“Untuk itu saya hadir di penyidik Satnarkoba Polres Ternate ini hanya dimintai keterangan, di mana penyidik menanyakan bagaimana pengawasan di Lapas dan keadaan Lapas bagaimana,” sambungnya.

Maman menegaskan, jika dirinya mengetahui pegawainya terlibat narkoba akan tetap ada sanksi yang berat. Ia bahkan menyebut oknum-oknum seperti itu adalah pengkhianat.

Baca Juga  Fakta Tersembunyi di Balik “Panasnya” Majalah Playboy

“Oleh karena itu, jika ada pegawai yang terlibat, siapa saja yang mengetahui agar segera beri tahu untuk ditindaklanjuti,” tandasnya.

Kepala Lapas Ternate, Maman Hermawan diwawancarai usai menjalani pemeriksaan di Polres Ternate. (Randy Basri)

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Ternate, AKP Bahrun Hi Syahban membenarkan pemeriksaan terhadap Maman berkaitan dengan penangkapan sejumlah kurir narkoba oleh anggota Satnarkoba. Di mana beberapa di antaranya mengarah ke Lapas Ternate.

Menurut Bahrun, pemeriksaan dilakukan karena polisi ingin mengetahui keterlibatan akses alat komunikasi seperti ponsel di dalam Lapas. Karena itu, Maman dipanggil untuk dimintai keterangan.

“Kita hanya mintai klarifikasi sebagai orang yang bertanggungjawab di Lapas, karena setiap tangkapan selalu mengarah ke napi di Lapas ,” katanya.

Dia menyebutkan, tidak mungkin alat komunikasi yang digunakan napi di dalam Lapas masuk sendiri. Alhasil, penyidik wajib mendengarkan penjelasan Kalapas sejauh mana pengawasannya terhadap warga binaannya.

Baca Juga  Mulai Besok, 11 Seismograf akan Dipasang di Maluku

“Karena anggota Satnarkoba komitmen berantas narkoba dari luar hingga di dalam, dan semua keterangan yang didapat, semua bisnis narkoba selalu dari dalam Lapas,” ujarnya.

“Kita juga sempat pancing dan itu memang mengarah ke dalam Lapas. Sadisnya juga, napi komunikasi menggunakan HP Android. Sehingga dengan kehadiran Kalapas ini tujuan kita adalah meminta keterangan sejauh mana pengawasan dia sebagai penanggungjawab di Lapas Ternate karena narkoba sering mengarah ke Napi yang ada di Lapas,” pungkasnya.

(red/tsc)