Polsek Elpaputih Kembali Launching Kampung Tangguh

oleh -8 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Untuk menjaga ketersedian ketahanan pangan terutama pangan lokal di kabupaten Maluku Tengah, terutama dikecamatan Teluk Elpaputih, membuat Polsek Elpaputih bersama personil TNI diwilayah kecamatan tersebut, melaunching Kampung Tangguh Nusa Ina.
Kegiatan launching kampung tangguh ini dipusatkan di Negeri Liang, Kecamatan Teluk Elpaputih.

Kapolsek Elpaputih Iptu Aris menjelaskan, kegiatan Kampung Tanggung ini merupakan, penjabaran program 100 hari bapak Kapolri dengan penguatan sinergitas TNI – Polri beserta Pemerintah Negeri Liang, dalam menggerakkan warga masyarakat untuk lebih meningkatkan produksi dan pengembangan bahan produk unggulan dimasing- masing Negeri, dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah kecamatan tersebut.

“Kriteria penilaian Kampung Tangguh adalah memperkuat pemahaman masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesahataan seperti mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi aktifitas diluar rumah,” kata Kapolsek saat kegiatan launching kampung tangguh, Senin (22/2/2021).

Baca Juga  Nurhidayat Pulang Kampung ke PSM Gara-gara Rizky Pellu

Menurut mantan Kapolsek Pulau Haruku ini, masyarakat juga selalu mengikuti perkembangan dalam memutus rantai penyebaran Covid-19, meningkatkan produksi persediaan pangan lokal serta menyediakan berbagai produk makanan yang dikembangkan guna meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Link Banner

“Memproduksi hasil lebih produktif hasil pertanian seperti ubi jalar, keladi, jagung, dan hasil laut seperti pengelolaan ikan mentah menjadi ikan asing, yang dijadikan sebagai komuditi bahan pangan untuk diproduksi di Negeri Liang, sehingga dapat mendongkrak ekonomi warga,” paparnya.

Sementara itu, Raja Negeri Liang Ulis Lasamahu mengatakan, dengan Kampung Tanggung menjadi salah satu faktornya yaitu adanya Penguatan dari segi persediaan bahan pangan lokal (sagu, ubi-ubian serta hasil kebun dan hasil laut), yang dapat diola (proses) menjadi makanan siap jadi atau pangan lokal dari Negeri Liang.

Baca Juga  Bupati Malra Ikut Pasang Atap Gereja Ohoidertawun

“Hal tersebut sebagai langkah pencegahan serta penyebarann Covid -19, yang telah melanda di Indonesia sehingga dengan penguatan lokal pangan bertujuan guna memperkuat sektor ekonomi masyarakat Negeri Liang,” papar Lasamahu.

Lasamahu menegaskan, pada dasarnya di Negeri Liang saat ini telah memproritaskan tanaman kacang tanah sebagai salah satu produk unggul Negeri Liang, dengan Produksinya dapat dikembangkan berbagai fariasi yang bahan dasarnya dari kacang tanah.

Di tempat yang sama Danpos Satgas BKO Pamrahwan Yonif 734/ SNS, Letda Inf. Lutfi Cahya Perwira mengaku, kegiatan Kampung Tangguh dalam memproduksi hasil-hasil laut dan dari sektor pertanian seperti ubi jalar, keladi, jagung dan kacang tanah
guna dipublikasikan (promosi) sehingga dapat dikomesilkan di luar dari Kabupaten Maluku Tengah. (valen)