Polsek Pasanea Siapkan Kebun Ketahanan Pangan untuk Warga

oleh -4 views
Link Banner

Porostimur.com | Masohi: Ditengah pandemik Covid-19 membuat seluruh instansi termasuk Polri, dituntut untuk membantu menyediakan pangan bagi warga yang terdampak dari penyebaran virus tersebut. Salah satunya yang dilakukan oleh Polsek Pasanea, dengan membuat kebun ketahanan pangan bagi warga di Kecamatan Seram Utara Barat, Kabupaten Maluku Tengah.

Kapolsek Pasanea, Iptu Rido Masihin mengatakan, untuk menyediakan ketahanan pangan bagi warga yang terkena dampak pandemik dikecamatan Seram Utara Barat, pihaknya membuat kebun Bhabinkamtibmas atau kebun ketahanan pangan milik warga di desa Gale-gale, kecamatan Seram Utara Barat

“Kita harus membantu warga yang ikut merasakan dampak pandemik, terutama yang ada diwilayah hukum Polsek Pasanea.
Lahan yang kita buka untuk bertanam atau menyediakan bahan pangan bagi warga itu seluas 3.5 hektar. Kita tanam singkong seluas 2 hektar, ubi jalar atau patatas seluas setengah hektar, jagung seluas setengah hektar, dan kacang tanah seluas setengah hektar,” ujar Kapolsek.

Baca Juga  Bawaslu Maluku Utara Tuding KPU Tidak Transparan Soal Data Pemilih

Menurut Rido, lahan seluas milik 3.5 hektar itu awalnya merupakan lahan tidur yang tidak dimanfaatkan oleh pemiliknya. Hal itu membuat pihaknya memanfaatkan lahan tersebut untuk kepentingan warga di kecamatan Seram utara Barat, terutama warga desa Gale-gale.

“Hasil kebun yang kita tanami beberapa waktu lalu itu, kini tinggal menunggu waktu untuk di panen. Lahan itu milik salah satu anggota kita yakni Brigpol Naswin, yang juga Bhabinkamtibmas desa Gale-gale dan Labuhan,” kata Kapolsek.

Mantan Kapolsek Amahai ini menambahkan, penggarapan lahan tersebut untuk ditanami hasil kebun melibatkan warga desa Gale-gale.

“Lahan yang kita garap ini, kemudian dikelola oleh masyarakat desa Gale-gale. Kenapa kita libatkan mereka untuk membantu kita ? karena hasilnya juga nanti menjadi milik warga sendiri, terutama untuk menambah penghasilan masyarakat sehari-hari,” beber dia. (valen)