Polsek Pelabuhan Ahmad Yani Ternate Amankan Puluhan Miras dan Petasan Ilegal

oleh -14 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, kembali mengagagalkan penyeludupan Minuman Keras (Miras) jenis Cap Tikus dan sejumlah petasan ilegal yang dipasok dari Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) guna diedarkan di Ternate dan sekitarnya.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Ahmad Yani, IPTU Wiko Satria Afdal mengatakan, ratusan botol Miras dan Petasan ilegal di amankan dalam kapal KM. Aksara 09 yang diketahui baru tiba di Pelabuhan A. Yani dari Pelabuhan Kota Manado, Sulawesi Utara, menuju Pelabuhan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat pada Ahad kemarin.

“Anggota melakukan razia miras dan barang ilegal lainya, dalam giat tersebut, personel berhasil mengamankan sejumlah miras jenis bir bintang kaleng sebanyak dua dos dan petasan yang tidak memiliki ijin sebanyak 1 karton di dek satu bagian penitipan,” kata Wiko, Senin (28/12/2020).

Baca Juga  Kapolresta Ambon & P. P. Lease Meninjau Lokasi Sengketa dan Kunjungi Warga yang Berduka di Haruku

Wiko menambahkan, modus yang dilakukan, miras dan petasan dikemas dalam kardus yang dilakban rapi dan sengaja ditinggalkan pemiliknya setelah mengetahui adanya petugas yang melakukan razia di pelabuhan.

“Pemilik 2 kardus dan 1 karton petasan, kabur saat mengetahui anggota sedang razia,” akunya.

Wiko bilang, berdasarkan temuan itu, pihaknya kemudian melakukan penyisiran di dek dua kapal dan berhasil menemukan miras jenis cap tikus sebanyak tiga kardus.

“Tiga kardus berisi miras jenis Cap Tikus dikemas dalam kardus bekas botol infus merek widarta guna mengelabuhi petugas,” katanya.

Menurut Wiko, saat ini pihaknya telah mengamankan barang bukti (BB) berupa miras jenis Cap Tikus sebanyak 70 botol ukuran 600 ml dan Bir Bintang kaleng jumbo ukuran 500 ml sebanyak 48 kaleng.

Baca Juga  Tiga Pasien Corona di RSAL FX Soehardjo Ambon Dinyatakan Sembuh

“Tak hanya Mira, ada petasan jenis Happy Top sebanyak 25 pak, petasan jenis Bola 30 shots sebanyak 20 pak, dan petasan jenis ampera 49 shots sebanyak 2 pak, semua BB ini kami telah amankan di Mapolsek,” pungkasnya. (red/alfian)