POM TNI AU bongkar paksa pintu ruang POA Bandara Pattimura

oleh -74 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Anggota POM TNI AU Lapangan Udara (Lanud) Pattimura melakukan perusakan atas pintu ruangan Pengawasan Orang Asing (POA) yang digunakan oleh Polsek Bandara Kawasan Pattimura dan Dit Intelkam Polda Maluku, Kamis (22/2), sekitar pukul 11.45 WIT.

ilis berita yang diterima wartawan dari Polda Maluku menyebutkan kejadian ini berawal ketika 15 personil TNI AU yang tiba di Bandara Pattimura sekitar pukul 11.00 WIT dan langsung menuju ruangan POA yang ditempati oleh kepolisian.

Sayangnya, saat itu aparat yang bertugas sedang berada dan beraktivitas di ruang keberangkatan.

Setelah menerima informasi dari salah satu pegawai travel lokal, Aiptu Rudy Sarak, Bripka Muhammad Febryanto dan Bripka Yunan Tapangan, langsung menghampiri anggota POM TNI AU yang sedang mendobrak pintu ruangan POA.

Salah satu anggota POM TNI AU, Mayor. Heru, dengan spontan menyampaikan kepada anggota Polsek Bandara sudah memberikan peringatan terlebih dahulu namun tidak diindahkan.

Baca Juga  Sabtu Subuh, Gempa 4,0 SR Kembali Goyang Ambon

”Saya kan sudah sampaikan baik-baik untuk kosongkan ruangan,” ketusnya.

Anggota Polsek pun kemudian meninggalkan ruangan tersebut.

Namun sekira pukul 11.45 WIT, pintu ruangan POA kembali didobrak paksa anggota POM TNI-AU.

Sayangnya, aksi premanisme POM TNI AU ini sempat disaksikan oleh para pengunjung, para sopir taxi, karyawan dan pegawai, serta security AVSEC Bandara Pattimura Ambon.

Sementara dari pihak Angkasa Pura yang menyaksikan insiden ini antara lain Manejer Operasional Angkasa Pura I Bandara Pattimura Ambon, Arixon dan ADM Angkasa Pura I Bandara Patimura Ambon, Nengah Danu.

Sedangkan aksi perusakan pintu ini melibatkan Ka Oslog TNI-AU Lanud Pattimura, Mayor Heru, Kasi Angkutan dan Transportasi TNI-AU Lanud Pattimura, Mayor Jimy Van Bulow, PA POM TNI AU, Letda Hartono, TNT Serka Hergu, Anggota POM TNI AU yang berpakaian setengah dinas, bersama anggota Intel TNI AU.

Baca Juga  Gempa Magnitudo 4.1 Guncang Ambon

Pihak Polsek Bandara pun mengumpulkan bahan dan keterangan (pulbaket), serta membuat laporan kepada Dir Intelkam Polda Maluku.

Dijelaskan, ruangan dimaksud ditempati oleh anggota Polisi dari Polsek Kawasan Bandara Pattimura dan Dit Intelkam Polda Maluku, diserahterimakan secara resmi dari Pihak Angkasa Pura I Bandara Pattimura Ambon kepada Pospam Bandara Pattimura (Polsek Bandara Pattimura) sejak tahun 2003, semenjak Bandara Internasional Pattimura yang baru dioperasikan.

Dimana, ruangan ini digunakan untuk Pengawasan dan Pendataan Orang Asing Terpadu, yang dikhususkan kepada warga negara Belanda keturunan Maluku yang berkunjung di Kota Ambon, maupun LSM Asing yang membidangi masalah sosial, pendidikan dan kesehatan, namun di dalamnya ada kepentingan politik.

Baca Juga  Pakai TikTok, ISIS Sebar Video Mengerikan Disertai Musik, Lengkap dengan Emoji dan Filter Hati

Ternyata, ruangan tersebut selain digunakan untuk POA semata, namun juga dijadikan sebagai penunjang kegiatan Pelayanan Masyarakat, sehingga memudahkan para pengunjung untuk memberikan informasi dan menerima laporan masyarakat ketika terjadi hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban umum, serta menganggu jalannya kegiatan penerbangan di Bandara Inteenasional Pattimura Ambon.

Dengan kehadiran anggota Polisi di Bandara Pattimura Ambon ini juga untuk mampu mendeteksi serta berhasil mengungkap beberapa kasus-kasus seperti penangkapan Sekjen FKM RMS Semuel Waeleruny, pengungkapan jaringan teroris di Desa Haya, Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, melalui pendataan KTP terhadap warga dari luar Maluku dengan berkedok sebagai tenaga kerja bangunan, serta penangkapan Pelaku Narkoba. (keket)