Potret Keindahan Giethoorn, Kota yang Tenang Tanpa Mobil di Belanda

oleh -111 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kehidupan modern hampir pasti diwarnai lalu lalang mobil. Kota kemudian identik dengan kemacetan. Namun, ternyata ada salah satu kota tanpa mobil satupun, yakni kota di Belanda. Kota ini sangat tenang dan bisa jadi alternatif destinasi liburan city tour yang bebas polusi. 

Kota kecil tanpa mobil di Belanda ini bernama Giethoorn. Kota di Belanda ini juga bisa dijadikan alternatif dari kota Venesia di Italia yang sudah dipenuhi oleh turis. Untuk mencapai kota ini kamu harus melewati perjalanan selama dua jam dengan bus dan kereta dari Amsterdam. Giethoorn yang terletak di Provinsi Overijssel, Belanda.

Giethoorn ini dibangun di atas sungai dengan parit-parit yang berkelak kelok dan rumah-rumah petani yang terbuat dari kayu dan atap dari jerami. Di kawasan ini, kamu tidak akan menemukan kendaraan bermotor, sehingga hanya ada perahu yang menjadi alat transportasi. Populasi di Giethoorn sendiri diperkirakan kurang dari 2.900 orang.

Baca Juga  APBD-P Kota Ambon Tahun 2021 Dipatok Rp 45,9 Milyar

Penasaran dengan keindahan kota tanpa mobil ini? Berikut 7 potret keindahan Giethoorn yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/9/2019).

1. Di kota unik ini, perahu menjadi transportasi utama. Perahu yang beroperasi, menggunakan motor listrik sehingga tidak menimbulkan polusi, baik asap maupun suara.

Keindahan Giethoorn (sumber:businessinsider)

2. Di Giethoorn ini tidak memperbolehkan hotel berdiri. Sehingga, bentuk penginapan yang populer adalah guest house dengan konsep bed and breakfast.

Keindahan Giethoorn (sumber:businessinsider)

3. Di kota bebas polusi ini kamu bisa menikmati boat tour dengan biaya berkisar antara 7,5 -10 Euro atau Rp 116-155 ribu tergantung tipe kapal yang dipakai.

Keindahan Giethoorn (sumber:pixabay)

4. Tak hanya menawarkan tour keliling kota dengan perahu. Disini kamu juga bisa menikmati sensasi makan dipinggir kanal dengan pemandangan desa Giethoorn yang indah.

Keindahan Giethoorn (sumber:businessinsider)

Baca Juga  Wanatiara Persada Suntik Rp 500 Juta untuk Persihalsel

5. Desa di sini juga memiliki dua museum yang terkenal. Museum De Oude Aarde yang dan Museum Het Olde Maat.

Keindahan Giethoorn (sumber:pixabay)

6. Musim yang disarankan untuk mengunjungi kota ini biasanya berkisar di awal-awal musim panas seperti awal Juli.

Keindahan Giethoorn (sumber:businessinsider)

7. Saat musim dingin, warga lokal biasanya memanfaatkan kanal yang membeku sebagai arena bermain ice skating.

Keindahan Giethoorn (sumber:businessinsider)

(rtl/red/lp6/bi)