PPKM Dicabut, Begini Nasib Aplikasi PeduliLindungi

oleh -82 views

Porostimur.com, Jakarta – Presiden Jokowi resmi mencabut kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Jumat (30/12/2022). Lantas bagaimana dengan penggunaan aplikasi PeduliLindungi?

Keputusan pencabutan PPKM disampaikan Jokowi dalam keterangan pers di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/12/2022).

Pemerintah sudah mengkaji selama 10 bulan. Melalui pertimbangan-pertimbangan berdasarkan angka-angka yang ada,maka pemerintah memutuskan untuk mencabut PPKM.

Menurut Presiden Jokowi, dalam beberapa bulan terakhir pandemi Covid-19 semakin terkendali dan per 27 Desember 2022 kasus harian sebesar 1,7 kasus per 1 juta penduduk.

Positivity rate Covid-19 mingguan juga sudah berada di angka 3,3%, bed occupancy rate 4,79%, dan angka kematian sebesar 2,39%. Angka-angka tersebut berada di bawah standar Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

Keputusan pencabutan PPKM itu tertuang dalam Instruksi Mendagri Nomor 50 dan 51 Tahun 2022. Dengan keputusan ini, tidak ada lagi pembatasan kerumunan dan pergerakan masyarakat.

Baca Juga  DPK PMPI Unpatti Desak Kejati dan Polda Periksa Pj. Gubernur Maluku dan Pj. Bupati Malteng Terkait Dugaan Korupsi

Pencabutan PPKM ini tentu saja memperlonggar pembatasan-pembatasan yang ada sebelumnya. Presiden menegaskan masyarakat masih wajib mengenakan masker walau PPKM sudah dicabut.

Lantas bagaimana dengan PeduliLindungi?