PPSWPA-SALAM Tual Gelar Diklatsar Bagi Generasi Muda Kei

oleh -22 views
Link Banner

Porostimur.com | Tual: Perhimpunan Pemuda Sadar Wisata Pecinta Alam Solidaritas Anak-Anak Alam (PPSWPA-SALAM) melakukan Diklatsar terhadap generasi muda Kei, Maluku Tenggara, yang berlangsung dari awal September lalu.

Kegiatan Diklatsar ini dipandang sebagai upaya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia.

Djohan Basmuru dalam sambutannya di menekankan akan pentingnya etika lingkungan. Rasa cinta terhadap lingkungan Maluku Tenggara.

Menurutnya harus ditampakkan sehingga dapat memengaruhi pikiran dan tindakan orang lain supaya tergerak nuraninya menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup.

Link Banner

“Saya berharap agar seluruh kader PPSWPA-SALAM dapat menjaga etika lingkungan. Mari tunjukkan kepedulian kita terhadap kelestarian alam dan lingkungan hidup agar mendatangkan berkah bagi semua. Semoga ke depannya nanti kegiatan-kegiatan yang dilakukan PPSWPA-SALAM menginspirasi orang lain di Malra (Maluku Tenggara – Red) sehingga bisa turut serta menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup,” terang Djohan Basmuru kepada Porostimur.com, Kamis (17/09/2020)

Baca Juga  Madrid Resmi Perkenalkan Pemain Anyar Keempat

Lebih lanjut, Basmuru juga mengatakan bila kepedulian akan kelestarian alam dan lingkungan hendaknya ditopang ilmu pengetahuan yang berkenaan dengan alam dan lingkungan hidup.

Ia lantas mengatakan jika Diklatsar merupakan sala satu bagian penting dalam menumbuhkan pengetahun kader-kader PPSWPA–SALAM.

“Jadi kepedulian kita PPSWPA–SALAM terhadap alam dan lingkungan hidup harus ditopang juga ilmu pengetahun tentang alam dan lingkungan hidup. Dengan begitu kita juga bisa lakukan edukasi terhadap masyarakat Kei, kota Tual dan kabupaten Maluku Tenggara,” pungkasnya.

M. Saleh Notanubun selaku Ketua Panitia dari kegiatan Diklatsar PPSWPA–SALAM juga menerangkan bilamana kegiatan Diklatsar ini dibagi dalam dua tahap kegiatan yang dilaksanakan dengan waktu yang berlainan.

Baca Juga  Lawan Epidemi HIV, WHO Rekomendasikan 6 Hal Terkait Tes HIV/Aids

“Jadi Diklatsar PPSWPA–SALAM ini terdiri kegiatan Indoor dan Outdoor. Kalau kegiatan Indornya itu dilakukan pada tanggal 3 sampai 5 September 2020 dengan muatan acaranya meliputi pembekalan materi. Disitu ada materi terkait organisasi, lingkungan hidup dan pariwisata, termasuk dengan materi-materi dasar pecinta alam. Kegiatan Indoor kami lakukan di sekretariat,” jelas Notanubun.

“Sedangkan untuk kegiatan Outdoor kami lakukan di Kantor Basarnas kota Tual dan puncak kegiatannya itu berlokasi Panai Nam Indah. Terkait dengan waktunya itu dilakukan tanggal 12 sampai dengan 15 September 2020. Jadi Indornya selama tiga hari, sedangkan outdornya empat hari. Sedangkan untuk peserta kegiatan itu ada anggota internal organisasi sebanyak 30 orang dan calon anggota sebanyak 14 orang,” pungkasnya. (red)