PPSWPA SALAM Tual Minta Pemkot Perhatikan Sampah di Ohoitel

oleh -43 views
Link Banner


Porostimur.com, Tual – Perhimpunan Pemuda Sadar Wisata Pecinta Alam Solidaritas Anak-anak Alam (PPSWPA SALAM) Tual meminta pemerintah Kota Tual memperhatikan sampah yang berserakan di sepanjang ruas jalan Ohoitel.

Ketua Umum PPSWPA SALAM Tual Juliana Rahantoknam mengatakan, sampah yang dibiarkan berserakan tersebut selain menyebarkan bau busuk juga mengganggu pengguna jalan serta kesehatan warga setempat.

“Sedikit doa dan harapan semoga menjadi perhatian pemerintah Kota Tual soal sampah. Kenapa kami mengomentari hal ini, biar menjadi perhatian dinas-dinas terkait dan juga perhatian dari perangkat Desa Ohoitel sendiri untuk sama-sama menyelesaikan dengan baik soal sampah Kota Tual yang tumpuan terakhir di Desa Ohoitel,” kata Rahantoknam, Minggu (24/4/2022).

Baca Juga  BMKG: Hati-hati Cuaca Ekstrem di Wilayah Maluku Utara

Menurut dia, sampah di Ohoitel untuk harus diperhatikan karena Ohoitel merupakan TPA (Tempat pembuangan Akhir) sampah di Kota Tual.

Selain itu, di dekat TPA terdapat Danau Ohoitel sebagai sumber utama air bersih yang digunakan untuk kota Tual.

Ohoitel juga merupakan kawasan yang menjadi ladang perkebunan sayur yang mengunakan pupuk organik, non organik bahkan pupuk kimia yang berlebihan karena produksi dari perkebunan ini didistribusi untuk konsumsi masyarakat, bukan saja Kota Tual tetapi juga Maluku Tenggara.

Rahantoknam meminta, kepada Pemerintah Kota Tual agar bangunan TPA (Tempat pembuangan Akhir) sampah dilengkapi dengan fasilitas pengelolahan sampah yang layak.

“Doa kami semoga Pemerintah Kota Tual terketuk hatinya untuk melirik Ohoitel. Setiap sarana prasarana yang sudah disiapkan pemerintah apakah berjalan sesuai dengan yang diharapkan atau tidak,” ujarnya.

Baca Juga  Sosialisasi MRS Festival, Polda Maluku sambangi SMA PGRI 1 Ambon

Rahantoknam menambahkan, sampah adalah tanggung jawab bersama, maka dibutuhkan kepedulian semua pihak, serta sentuhan langsung pemerintah melalui instansi terkait agar masalah sampah dapat tertangani dengan baik. (red)