Prancis dan Australia akan Kirim Ribuan Senjata Artileri ke Ukraina

oleh -52 views
Prancis dan Australia pada Senin (30/1/2023) sepakat untuk bersama-sama memproduksi dan mengirimkan beberapa ribu peluru artileri 155 milimeter ke Ukraina

Porostimur.com, London – Prancis dan Australia pada Senin (30/1/2023) sepakat untuk bersama-sama memproduksi dan mengirimkan beberapa ribu peluru artileri 155 milimeter ke Ukraina dalam upaya mereka untuk memenuhi “permintaan mendesak” Kiev.

Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan setelah pertemuan Konsultasi Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan Australia dan Prancis di Paris, kedua negara menyampaikan komitmen bersama mereka soal bantuan keamanan untuk Ukraina di tengah perang dengan Rusia.

Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna dan sejawatnya dari Australia Penny Wong dan Menteri Pertahanan Prancis Sebastien Lecornu dan rekan sejawatnya dari Australia Richard Marles menegaskan kembali sikap tegas mereka untuk terus mendukung Ukraina.

Baca Juga  Virgoun Ditangkap Polisi karena Kasus Narkoba

“Para menteri mengumumkan niat mereka untuk memberikan dukungan kepada Ukraina termasuk melalui pasokan bersama amunisi 155 milimeter. Inisiatif ini memanfaatkan saling melengkapi dari industri pertahanan masing-masing dan memenuhi kebutuhan mendesak Ukraina akan amunisi 155 milimeter,” kata pernyataan itu.

Kedua negara juga menyepakati komitmen untuk memulihkan “hubungan bilateral yang dinamis” yang dibangun atas dasar kepercayaan dan kepentingan bersama sejalan dengan prioritas yang disepakati oleh otoritas kedua negara pada tahun lalu.