Prancis Dukung ICC soal Perintah Penangkapan Netanyahu

oleh -8 views
PM Israel Benjamin Netanyahu (Foto: REUTERS/Ronen Zvulun/File Photo Purchase Licensing Rights)

Porostimur.com, Paris – Beda dengan negara-negara Barat lainnya, Prancis menyatakan dukungannya terhadap Mahkamah Pidana Internasional (ICC) setelah jaksa ICC mengajukan perintah penangkapan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, menteri pertahanannya, dan para pemimpin Hamas. Pemerintah Prancis mendukung independensi ICC dan menyebut hal itu sebagai perjuangan melawan impunitas.

“Mengenai Israel, Dewan Pra-Peradilan akan memutuskan apakah akan mengeluarkan surat perintah ini, setelah memeriksa bukti yang diajukan oleh Jaksa untuk mendukung tuduhannya,” kata Kementerian Luar Negeri Perancis, dilansir CNN, Kamis (23/5/2024).

“Prancis mendukung Mahkamah Pidana Internasional, independensinya, dan perjuangan melawan impunitas dalam segala situasi,” sambung pernyataan itu.

Paris juga mengatakan pihaknya telah memperingatkan “selama berbulan-bulan” perlunya kepatuhan yang ketat terhadap hukum kemanusiaan internasional. Khususnya mengenai tingkat korban sipil yang tidak dapat diterima di Jalur Gaza dan kurangnya akses kemanusiaan.

Baca Juga  Partai Ke-208 Ronaldo Berakhir dengan Kemenangan atas Cheska

Langkah Prancis ini menandai perpecahan besar antara posisinya dan sekutu Baratnya, termasuk Inggris, Italia, dan Amerika Serikat – dimana Presiden Joe Biden menyebut keputusan tersebut “keterlaluan.”

No More Posts Available.

No more pages to load.