Presiden Tidore Kenalkan Kuliner Rempah di Pameran Tahunan FKY 2022

oleh -12 views
Link Banner

Porostimur.com, Yogyakarta – Pagelaran pameran tahunan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) tahun 2022 menampilkan kuliner rempah yang diperkenalkan oleh rumah budaya Maluku Utara Juanga Culture.

Diketahui, pemilik Juanga Culture adalah Sadam Abdul Aziz yang sudah lama eksis di Yogyakarta. Ia sering dipanggil oleh kalangan anak muda maupun pada umumnya dengan sapaan sebagai Presiden Tidore.

Sebelumnya, ia mempunyai sebuah Cafe di Tidore Kepulauan yang diberi nama cora-cora Caffe yang berlokasi di pasar Sarimalaha, Kelurahan Indonesiana, Kota Tidore Kepulauan.

“Sudah saatnya kita lebih banyak bergerak melalui pergerakan anak muda, kali ini Juanga Culture memperkenalkan kuliner rempah asal Maluku Utara di Jogjakarta melalui pameran tahunan Festival Kesenian Yogjakarta (FKY) yang cukup bergengsi,” ungkap Presiden Tidore saat dikonfirmasi, Jumat (23/9/2022).

Owner Rumah Budaya Juanga Culture, Presiden Tidore dalam sapaannya, pameran ini sebagai bentuk memperkenalkan ciri khas kuliner Maluku Utara di Yogjakarta.

Baca Juga  Ini Arahan Kapolda Maluku Usai Mengikuti Rakor Pimpinan Kapolri

“Kita memperkenalkan kuliner Maluku Utara dalam FKY ini, untuk dipromosikan di kegiatan kuliner Juanga Culture yang direncanakan pada bulan Oktober mendatang,” tuturnya.

Bentuk promosi ini, ia bilang, bagian dari membuka kaca mata baru untuk pemerintah Maluku Utara, bahwa di Jogjakarta itu ada rumah Budaya Juanga Culture yang fokus pada pengembangan identitas budaya orang Maluku Utara di Yogjakarta.

Pengembangan tersebut, Juanga Culture hanya melihat dari kesenian dan kuliner rempah. Sebab, melalui Kegiatan FKY inilah kemudian memantik pergerakan rumah budaya Juanga Culture ke depan untuk bersinergi membangun ekosistem pergerakan orang Maluku Utara di mata dunia, terutama untuk teman-teman di Yogjakarta.

“Semoga ini mendapatkan respon positif dari Pemerintah Provinsi Maluku Utara,”ungkapnya.

Baca Juga  Gandeng Polres SBT, PT. Citic Seram Energy Limited Bagi Sembako untuk Warga

Pegiat Juanga Culture di Yogyakarta, Safril menambahkan, kehadiran FKY ini, banyak peminat dari berbagai pelaku kuliner di Jogjakarta maupun di luar daerah yang ikut terlibat.

Dari 600 pendaftar, hanya di ambil 25, kata Safril, Juanga Culture juga masuk dalam daftar Pasar FKY Tahun 2022 yang berlangsung selama 4 hari, mulai dari 22 – 25 September 2022 yang berlokasi di taman kuliner Condong Catur Jogjakarta.

“Terdapat beberapa kuliner khas Maluku Utara yang dijual seperti, kopi dabe, susu rempah, teh rempah Gurabunga, Air Guraka, dan Makanan Lopis, serta berbagai rempah-rempah cengkeh,pala, kayu manis yang promosikan di stand Juanga Culture,” pungkasnya. (Culen)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.