Profil Xiamaro Thenu, Lionel Messi Berdarah Maluku yang Resmi Gabung Vitesse Arnhem

oleh -418 views
Link Banner

Porostimur.com | Arnhem: Xiamaro Thenu, Lionel Messi berdarah Maluku yang mulai musim depan resmi gabung klub Eredivisie Belanda, Vitesse Arnhem.

Mungkin banyak pencinta sepak bola Indonesia kurang familiar dengan Xiamaro Thenu. Wajar, sebab Xiamaro Thenu belum pernah merumput di Tanah Air, dan usianya masih sangat muda, baru 15 tahun.

Namun, bila melihat data dari situs Transfermarkt, Xiamaro Thenu musim depan bakal menapaki sebuah jenjang karier baru dan layak mendapat sorotan.

Transfermarkt menuliskan, Xiamaro Thenu yang kini bermain untuk SV Houten, per 1 Juli 2020 mendatang akan gabung salah satu klub elite Eredivisie Belanda, Vitesse Arnhem.

Mengingat usianya yang begitu belia, Xiamaro Thenu harus lebih dulu menimba ilmu bersama Vitesse U-17. Jika bisa terus bersinar, bukan mustahil Xiamaro Thenu nantinya bisa menembus tim senior Vitesse, bermain di level tertinggi sepak bola Eropa, serta menjadi bintang top dunia.

Baca Juga  Desa Ona, Masuk Pembahasan Pemekaran Desa Baru

Kian menarik lagi, Transfermarkt turut menuliskan bendera Belanda dan Indonesia di dalam status kewarganegaraan Xiamaro Thenu.

Artinya, Xiamaro Thenu ada kemungkinan suatu hari memperkuat Timnas Indonesia untuk ajang internasional.

Profil Singkat Xiamaro Thenu

Xiamaro Thenu mulai menekuni olahraga ini sejak usia delapan tahun. Xiamaro Thenu pertama kali masuk ke akademi SV Houten, dan mengembangkan kemampuannya.

“Saya memulai karier saya di SV Houten sejak berusia delapan tahun,” ujar Xiamaro Thenu.

Selang beberapa waktu, Xiamaro Thenu mendapat tawaran dari akademi FC Utrecht. Alhasil, Xiamaro Thenu pindah ke FC Utrecht, bermain selama kurang lebih lima tahun di sana.

Sementara itu, dalam dua tahun terakhir, Xiamaro Thenu sudah kembali lagi menekuni karier bersama SV Houten. Barulah pada musim depan, Xiamaro Thenu dipastikan bakal pindah ke Vitesse Arnhem. “

Baca Juga  Polda Maluku Gelar Anev Ops Aman Nusa II dan Ops Ketupat 2020

Saya pernah bermain FC Utrecht selama lima tahun, selanjutnya pindah ke SV Houten dua tahun terakhir ini, dan musim depan gabung Vitesse,” tutur Xiamaro Thenu.

Lebih jauh, Xiamaro Thenu menjelaskan kontraknya bersama Vitesse. Xiamaro Thenu menjelaskan, tak ada sistem kontrak yang berlaku, semua tergantung seberapa jauh perkembangan kemampuannya.

“Kami tidak membicarakannya (kontrak) karena virus corona, tapi menurut saya akan berlangsung selama dua sampai tiga tahun,” ungkap Xiamaro Thenu.

“Semua tergantung dari hasil kinerja saya, mungkin akan lebih lama, bisa juga lebih cepat,” lanjutnya.

Soal gaya bermain, Xiamaro Thenu merupakan seorang winger kanan yang juga piawai ditempatkan sebagai gelandang serang. Xiamaro Thenu mengandalkan kekuatan kaki kirinya dalam menggiring bola, dan banyak yang membandingkannya seperti Lionel Messi.

Baca Juga  Di Ternate, Sopir Angkot Nodai Bocah SMP

“Saya pemain kaki kiri, beberapa orang kerap membandingkan saya dengan Messi,” kata Xiamaro Thenu.

Terakhir, soal keturunan Indonesia, Xiamaro Thenu membenarkan hal tersebut. Xiamaro Thenu mengaku bahwa dirinya punya darah Maluku.

“Ya benar, saya punya darah keturunan Maluku,” tegas Xiamaro Thenu.

Begitulah kurang lebih profil singkat mengenai Xiamaro Thenu. Patut dinanti, apakah Lionel Messi berdarah Maluku ini bisa meraih kesuksesan bersama Vitesse? (red/rtm)

Sumber: indosport