Protes Rasisme, Pemain Ajax dan Heracles Tolak Gulirkan Bola Semenit Pertama

oleh -112 views
Link Banner

Porostimur.com | Amsterdam: Rasisme masih terus terjadi di sepak bola, sebagai protes atas ini dua klub belanda melakukan aksi selama satu menit.

Sebagai bentuk dukungan anti-rasisme dua klub Liga Belanda menolak menggulirkan bola di menit pertama.

Sepekan sebelumnya, atau tepatnya pada Minggu (17/11/2019), winger Excelsior, Ahmad Mendes Moreira mendapatkan kejadian tak mengenakkan.

Pemain berusia 24 tahun mendapat perlakuan rasialis dari suporter Den Bosch ketika melakoni laga kasta kedua Liga Belanda.

Mendes diteriaki dengan kata-kata yang melecehkan yakni “negro” dan “buruh kapas” oleh suporter lawannya itu.

Kejadian itu memicu kemarahan dari pesepak bola lain. Salah satunya mantan pemain Manchester United, Memphis Depay, yang mengaku sudah terlalu lelah dan kesal melihat kejadian itu muncul kembali.

Baca Juga  Kadis Faslanal Sambangi Mako Lantamal VIII

Pada pekan laga internasional dua gelandang timnas Belanda, Georginio Wijnaldum dan Frenkie de Jong berusaha menyinggung insiden tersebut ketika merayakan gol.

Sepekan berlalu, dan kini dua kontestan Liga Belanda lainnya, Ajax Amsterdam dan Heracles Almelo yang melakukannya.

 
Ketika keduanya bertanding di Amsterdam Arena, Sabtu (23/11/2019), kedua tim memboikot laga selama semenit sebagai bentuk protes.

Tepuk tangan diberikan suporter dan pelatih untuk pemain yang seharusnya sudah menggulirkan bola pada malam itu.

Pada laga itu papan skor stadion juga memperlihatkan sebuah pesan, “Rasisme? Kalau begitu kami tidak mau bermain sepak bola.”

Protes seperti itu rencananya akan meluas sampai ke laga kasta kedua Liga Belanda.

Sebelumnya pihak Den Bosch melakukan pembelaan kalau Mendes hanya salah dengar, mengira suara kicauan gagak sebagai sebuah ejekan yang mengarah padanya.

Baca Juga  Ini Perjalanan Ambon Sampai Ditetapkan UNESCO Sebagai Kota Musik

Namun kemudian mereka mengaku gegabah menanggapi hal itu dan meminta maaf bagi Moreira dan pihak-pihak yang tersinggung karena ulah suporternya.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk sikap solidaritas terhadap pemain klub Excelsior, Ahmad Mendes Moreira, yang menjadi korban aksi rasialisme suporter Den Bosch dalam lanjutan Eerste Divisie, Minggu (17/11) pekan lalu. Laga itu berakhir 3-3 di mana Moreira termasuk dalam daftar pencetak gol.

Awalnya aksi dilakukan suporter Excelsior ketika menjamu Volendam. Tampak di tribun mereka mengangkat kartu merah bertuliskan ‘kartu merah untuk rasialisme’ di menit ke-18, nomor punggung dari Moreira. Belakangan semakin banyak klub Liga Belanda yang sepakat mendukung melawan rasialisme ini hingga disepakati aksi semenit di awal pertandingan.

Baca Juga  Update Covid-19 Maluku: 157 Positif, 22 Sembuh, 7 Meninggal Dunia

Seperti di laga Ajax menjamu Heracles pekan ini, para pemain kedua kesebelasan termasuk wasit, pelatih, staff, dan suporter memberikan aplaus selama semenit sementara bola tidak dimainkan. Di layar video papan skor muncul kalimat,”Rasis? Kami tidak akan bermain sepakbola.” (red/rtl)

https://www.youtube.com/watch?v=iwgTwiVz1SM