Puasa Ramadan Mengajarkan Banyak Hikmah, Salah Satunya Menjauhkan Manusia dari Ketamakan

oleh -10 views

Puasa Ramadan adalah rangkaian amal terbaik setelah syahadat dan salat. Banyak sekali manfaat dan hikmah ketika seseorang melaksanakan ibadah puasa. Kebaikannya meliputi seluruh aspek yang berhubungan dengan jasmani maupun rohani, baik secara individu maupun secara sosial.

Dalam kitab ‘Mukhtashar Ahadits ash-Shiyam’, Syaikh Abdullah bin Shalih al-Fauzan menjelaskan tentang hikmah puasa Ramadan . Menurutnya, ada 6 hikmah puasa Ramadan yang penting diketahui oleh umat muslim. Berikut uraiannya;

1. Bentuk peribadatan kepada Allah Ta’ala

Puasa Ramadan adalah sebentuk peribadatan kepada Allah ‘azza wa jalla. Para hamba mendekat kepada-Nya dengan meninggalkan berbagai hal yang ia sukai pada hari-hari biasanya. Ini sebagai bentuk ketaatan kepada-Nya. Juga kepatuhan terhadap perintah-Nya.

Baca Juga  3 Rekomendasi Cushion Ringan, untuk Makeup Flawless dan Tahan Lama

Dari sini tampaklah keimanan dirinya. Kesempurnaan penghambaan kepada-Nya. Kekuatan cinta untuk-Nya. Tingkat pengharapan terhadap apa yang ada di sisi-Nya. Sebab, melalui pengorbanan ini, ia sadar bahwa ridha Allah ‘azza wa jalla terletak pada langkah dia dalam meninggalkan syahwat. Ia memprioritaskan ridha Rabbnya daripada menuruti hawa nafsunya.

Link Banner

2. Sebab tumbuhnya ketakwaan

hikmah puasa Ramadan kedua adalah sebab tumbuhnya ketakwaan. Ia juga berfungsi sebagai tazkiyyatun nafsi (pembersihan jiwa) dengan menaati segala perintah Allah ‘azza wa jalla dan menjauhi segala larangan-Nya.

No More Posts Available.

No more pages to load.