Pulau Katinae di Kukupang Halmahera Selatan Terancam Tenggelam

oleh -899 views
Link Banner

Porostimur.com, Ternate – Pulau Katinae yang berada di Desa Kukupang, Kecamatan Kepulauan Joronga, Kabupaten Halmahera Selatan merupakan sabuah pulau mungil yang menawarkan keindahan alam terutama wisata bahari.

Pulau berpasir putih dan berair jernih diteduhkan dengan vegetasi pohon cemara yang rimbun, membuat pulau tersebut tampak indah dari kejauhan sehingga membuat penasaran bagi siapa saja yang lewat di situ untuk menginjakan kaki di pasir putih dan memanjakan mata dengan pemandangan pohon cemara yang berjejer di tepi pantai.

Namun sayangnya, keindahan itu kini perlahan mulai terkikir karena adanya penebangan pohon dan abrasi serta pemanfaatan pulau untuk industri tanpa memikirkan daya dukung lingkungan.

Hendra Nawawi salah satu warga Desa Kukupang saat di konfirmasi jurnalis porostimur.com, Senin (28/3/2022) mengatakan bahwa Pulau Katinae kini dimanfaatkan oleh salah satu perusahaan budi daya mutiara (PT.MD).

Keberadaan perusahaan budi daya kerang mutiara itu, ditakutkan akan merusak lingkungan pulau karena pihak perusahaan melakukan ekspolitasi lingkungan pesisir pantai.

Baca Juga  Keren! 6 Lagu Indonesia Ini Sukses Terkenal di Mancanegara

“Kita takutkan kehadiran PT MD menyebabkan kerusakan seperti abrasi dan kelusakan ekesistem pulau karena adanya sejumlah bangunan dan penebangan pohon,” katanya.

Menurut Hendra, apabila tidak ditangani dengan hati-hari, make pulau tersebut akan terancam tenggelam.

Ia berharap Pemerintah Desa Kukupang, dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan dapat memperhatikan pulau-pulau yang akan terancam hilang termasuk pulau Katinae.

Sementara itu Ketua BPD Desa Kukupang Miskam Usman saat di konfirmasi melalui pesan WhatsApp mengaku sudah pernah melayangkan teguran terhadap pihak perusahaan.

Miskam berjanji akan segera mendatangi pihak perusahaan dan melihat kondisi terkini di pulau tersebut.

“Insya Allah Senin depan kami dari BPD akan turun intervensi,” ujarnya. (Amir)