Pulau Osi Masuk 6 Nominasi Teratas API 2021, Kategori Ekowisata

oleh -669 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Pulau Osi, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) berhasil masuk 6 nominasi teratas sementara Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021, kategori Ekowisata.

“Alhamdulillah Pulau Osi terpilih masuk dalam nominasi 10 besar API tahun 2021 dan kini berada di urutan 6 teratas pada kategori Ekowisata. Mudah-mudahan kita bisa menjadi juara dalam ajang tersebut, dan saya optimis kita bisa menjadi juara,” kata Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Wisata pada Dinas Pariwisata Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Yusnita Tiakoly, Ahad (12/9/2021) malam.

Dirinya berharap, hal tersebut bisa menjadi semangat bagi masyarakat Seram Bagian Barat, terutama bagi desa yang memiliki destinasi wisata agar bisa memaksimalkan potensi wisata yang ada di desa mereka.

Baca Juga  Tim SAR Gabungan Berhasil Menemukan KM Faisal Loumbasi

“Program pariwisata desa ini jelas akan memberikan multiplayer effect dan sekaligus sebagai upaya pemulihan ekonomi serta upaya-upaya untuk memperkuat semua sektor termasuk pertanian, agro, UMKM, dan ekonomi kreatif anak-anak muda,” tuturnya.

Terkait hal tersebut, mantan jurnalis ini meminta dukungan dari semua masyarakat Maluku, khususnya masyarakat Seram Bagian Barat untuk mengawal ajang ini dengan bersama-sama melakukan voting untuk bersemangat wisata dan memperkuat branding rising Pulau Osi dan memperkuat destinasi-destinasi wisata dengan hal-hal yang menarik.

“Termasuk wisata budaya, kuliner, ekonomi kreatif, dan semuanya akan berdampak langsung kepada desa-desa di SBB. Mari kita sama-sama dukung ajang ini dengan memberikan voting. Kami optimis bisa meraih prestasi terbaik dalam ajang API 2021 ini,” katanya.

Baca Juga  Kakanwil Kemenag Malut Hadiri Tabliq Akbar dan Zikir Bersama Sambut Tahun Baru 2020

Yusnita menambahkan, upaya yang dilakukan pemerintah ini, tak lain dan tak bukan adalah dalam rangka mendorong potensi wisata bumi Saka Mese Nusa untuk menjadi salah satu destinasi unggulan di Indonesia.

Yusnita Tiakoly juga bilang, saat ini, pihaknya tengah menggiatkan partisipasi masyarakat maupun pengguna internet seperti para pelajar SMA guna mempromosikan potensi pariwisata di daerah itu.

“Kami selain melakukan road show ke Sekolah Menengah Atas, juga sosialisasi kepada masyarakat untuk lebih mempopulerkan potensi wisata di SBB, terutama pulau Osi di API Award 2021.

“Giat Roadshow bagi pelajar juga bertujuan mengajak siswa mendukung pembangunan melalui penggunaan media sosial dengan tepat dan cerdas,” pungkasnya.

Baca Juga  Pengamat: Julukan untuk Ma'ruf Amin dan Puan Sulit Dibantah

Pemungutan suara (voting period) masih berlangsung sampai dengan 31 Oktober 2021.

Bagi pembaca yang ingin mendukung Pulau Osi, dapat dilakukan melalui media sosial instagram @ayojalanjalanindonesia, Youtube Channel APIaward dan SMS Premium.

Untuk SMS Premium dapat dilakukan dengan cara mengirim SMS ke nomor 99386 (Rp. 2.200,- dan berlaku semua provider)

Untuk memilih Pulau Osi, ketik API 9E dan kirim ke 99386.

(keket)