Puluhan Rumah di Pulau Buru Rusak Diterjang Puting-Beliung

oleh -60 views
Link Banner

Porostimur.com, Jakarta – Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan terdapat 28 rumah rusak usai diterjang angin puting beliung di Kabupaten Buru, Maluku, Rabu (18/5). Kejadian ini berawal dari hujan deras disertai angin yang terjadi sekitar pukul 08.00 WIT.

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buru segera melakukan kaji cepat dilapangan,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam siaran pers BNPB yang diterima, Jumat (20/5/2022). 

Hasil pendataan sementara, lanjutnya, terdapat 30 KK yang terdampak di Desa Namlea Ilath, Kecamatan Batabual.

Dilaporkan, saat ini terdapat 30 KK yang terpaksa mengungsi atas kejadian ini akibat kerusakan pada atap rumah mereka. Hasil kaji cepat sementara mencatat, terdapat 13 unit rumah rusak sedang, 15 unit rumah rusak ringan dan 1 unit mesjid rusak ringan.

Tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Buru, unsur TNI-Polri, Pemerintah Desa dan masyarakat melakukan koordinasi untuk mempercepat penanganan darurat dilokasi. Selain itu, tim gabungan dan masyarakat setempat bergotong royong untuk melakukan pemotongan atau pembersihan pohon-pohon tumbang yang menghalangi ruas jalan.

Baca Juga  Pariwisata Kota Ambon Salah Satu Prioritas Pembangunan 2022-2027

Merujuk informasi BMKG mengenai informasi peringatan dini esok hari (21/5) untuk wilayah Maluku, waspada hujan sedang hingga lebat di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara. Oleh karena itu, BNPB menghimbau masyarakat untuk melakukan mitigasi bencana serta meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan. 

Pemangkasan ranting pohon yang rindang di ruas jalan utama juga dapat dilakukan serta menghindari bangunan yang tinggi, papan reklame dan tiang listrik untuk meminimalisir ancaman potensi bencana hidromeorologi yang dipicu faktor cuaca. (red)