Puncak Peringatan HAN 2021: Kolaborasi & Kerjasama, Kunci Pemenuhan Hak Anak

oleh -17 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kolaborasi dan kerjasama merupakan kata kunci dalam pelaksanaan program Forum Anak Kota Ambon, (FAKOTA), sehingga apa yang dilakukan dapat berdampak luas bagi kepentingan anak, sebagai generasi penerima tongkat estafet kepemimpinan di kota ini.

Demikian disampaikan Ketua TP-PKK sekaligus Bunda PAUD Kota Ambon, Debbie Louhenapessy, dalam momen puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2021 yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Senin (30/8/2021)di Balai Kota.

“Kolaborasi harus dilakukan sehingga semua kegiatan FAKOTA dapat digaungkan dan menjangkau lebih banyak anak di kota Ambon,” jelasnya.

Dijelaskan Kolaborasi dapat dilakukan dengan pemerintah, tokoh masyarakat, dan tokoh agama, bahkan stakeholder lainnya, sehingga dapat mengetahui aktivitas yang dilakukan di kota ini, terkait pengawalan dan pemenuhan hak – hak anak.

“Dengan kolaborasi membuat program – program itu dapat mendarat artinya menyentuh sasaran, yakni pemenuhan hak – hak anak di kota ini,” kata Louhenapessy.

Baca Juga  Truk bermuatan bahan bangunan terprosok dalam selokan

Lebih lanjut, dirinya menyatakan peran orang tua juga penting dalam upaya pemenuhan hak anak secara mendasar, termasuk di bidang kesehatan, dengan disiplin protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Peran orang tua penting dalam mempersiapkan anak untuk dapat menguasai keadaan, di tengah pandemi ini, dengan membiasakan disiplin prokes dirumah. Lagi pula kesiapan karakter anak berawal dari pendidikan di rumah, sehingga menentukan masa depannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam dialog secara virtual dengan anak se-kota Ambon, mengungkapkan Pemkot Ambon dalam berbagai kebijakan terus mendorong Ambon sebagai Kota Layak Anak (KLA).

“Saat ini Ambon masih ditetapkan sebagai KLA dengan predikat Pratama, namun diharapkan dengan dukungan dari semua stakeholder ini sebagai bagian tanggungjawab bersama, predikat KLA dapat meningkat di tahun depan,” tandasnya.

Baca Juga  Azis Syamsuddin Sosialisasi UU No 5 Tahun 2018 di Malut

Puncak peringatan HAN 2021 Kota Ambon, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyongsong HUT Ke-446 Kota Ambon.

Kegiatan dalam sorotan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” ini dilaksanakan secara onsite dan virtual melibatkan kurang lebih 600 anak.

Dalam kegiatan dimaksud juga dilakukan pemilihan Duta Anak Tahun 2021, masing-masing; Reynaldi Laisina dari SMK Kesehatan Ambon, Gloria Warella, (SMA Negeri 7 AMBON) dan Allyssia Nikijuluw (SMA Negeri SIWALIMA) serta penyerahan bantuan Tablet Android untuk belajar daring, bagi anak – anak yang kehilangan orang tua akibat terpapar Covid-19. (nur)

No More Posts Available.

No more pages to load.