Punya Gejala Covid-19, KSOP Kelas II Bitung Eavakuasi ABK Kapal Tol Laut KM Sanus 102

oleh -5.005 views
Link Banner

Porostimur.com | Bitung: Untuk memutuskan mata rantai Virus Covid – 19 melalui pintu masuk Pelabuhan Laut Kota Bitung, petugas Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Bitung bekerja dengan semaksimal mungkin.

Buktinya, Perwira Jaga Kesyahbandaran, Ony R.L mendapati salah satu ABK kapal Tol Laut KM Sanus 102 mengalami gejala pusing dan muntah – muntah, Senin (30/3/2020), Pukul 08.30 Wita.

Untuk mengantisipasinya, pihak Kesyahbandaran berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bitung dan instansi lainnya agar melakukan evakuasi ABk yang sakit.

Hanya dalam hitungan menit, mobil Ambulance dan beberapa Tim Medis Kota Bitung yang dilengkapi Alat Pelindung Diri (ADP) tiba dilokasi dan membawanya ke RSUD Kota Bitung.

Link Banner

Kepala KSOP Kelas II Bitung, Mursidi melalui Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhan, Rachamat Dalu ketika ditemui Porostimur.com menjelaskan, ABK Sanus 102 yang sakit bernama Muhamad Haslim (40), jabatan dikapal sebagai Serang.

Baca Juga  Lima Puisi Farid Latif

Sebelum tiba di Pelabuhan Bitung, KM Sanus 102 bertolak dari Pelabuhan Gorontalo, Minggu 29/3/2020 kemarin, mengangkut penumpang sebanyak 23 orang.

“Langkah yang kami ambil, 23 orang penumpang dilakukan thermo scanner dan alhamdulillah suhu tubuh mereka yang terdeteksi 36 derajat,” kata Mursidi.

“Apabila ABK Sanus terinfeksi pandemi Virus Covid – 19, ke 23 orang penumpang yang sudah didata nama – namanya akan dijemput dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut”, sambungnya.

Mursidi mengatakan, untuk sementara, aktifitas bongkar muat dikapal dihentikan sambil menunggu informasi lebih lanjut dari KKP Bitung terkait kondisi kesehatan ABK tersebut.

Meskipun isteri dari ABK yang sakit memberitahukan kepada kami bahwa suaminya itu hanya mengalami penyakit biasa, setidaknya kami sudah bertindak sesuai SOP, tutup Dalu.

Baca Juga  Maluku Utara Butuh UU Provinsi Kepulauan untuk Maju

Terkait hal ini, Kepala KKP Kota Bitung, dr Pingkan Pijoh ketika dikonfirmasi Porostimur.com melalui via singkat WhatsApp tidak merespon. (dan)