PUPR Tuntaskan Program BSPS di Maluku Tenggara

oleh -21 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pelaksanaan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah di Kabupaten Maluku Tenggara saat ini terus dipercepat dan hampir rampung seluruhnya.

Bantuan bedah rumah yang menyasar rumah tidak layak huni tersebut pun mendapat dukungan penuh dari masyarakat dan pemerintah daerah setempat.

“Kegiatan bedah rumah untuk masyarakat ini akan kami terus tingkatkan agar masyarakat di Maluku Tenggara bisa tinggal di hunian yang layak huni,” ujar Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Wilayah Maluku, Yones Yubilia Biring, dalam siaran pers, Ahad (30/8/2020).

Menurutnya, Program BSPS masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia khususnya di masa pandemi Covid-19 ini.  Pada Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) tahun 2020 ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui melalui Satuan kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku melaksanakan pemasangan peneng Program BSPS Tahun Anggaran 2020 yang di daerah Ohoi Ohoinol, Kabupaten Maluku Tenggara.

Link Banner

“Pemasangan peneng tersebut sebagai bukti selesainya pembangunan rumah dari Program BSPS oleh penerima bantuan PB,” terangnya.

Baca Juga  Diduga Rugikan Negara Hingga Rp 12,157 Triliun, Kejagung Tetapkan 13 Perusahaan Jadi Tersangka

Pemasangan peneng BSPS tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Wilayah Maluku Yones Yubilia Biring bersama Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku, Refi Latuamury serta Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Rumah Swadaya, Pierrard D Latuihamallo di salah satu rumah penerima bantuan (PB).

“Harapan kami semoga rumah ini dapat digunakan, dapat dinikmati oleh bapak sekeluarga sehingga dengan sendirinya rumah ini akan lebih sehat, dan dengan demikian kesejahteraan rumah tangga akan lebih meningkat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku, Refi Latuamury juga mengingatkan agar rumah yang telah dibangun dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh keluarga penerima bantuan dan rumah menjadi lebih sehat dalam menjalani kehidupan.

Baca Juga  Awali 2019, SMASKris YPKPM Ambon gelar ibadah bersama

“Kami juga akan membangun 50 unit MCK melalui  dana pendamping dari Kabupaten Maluku Tenggara untuk penerima bantuan BSPS yang belum memiliki MCK. Adanya pembangunan MCK juga membuat rumah menjadi lebih sehat,” terangnya.

Untuk diketauhi, pelaksanaan tahap  II Program BSPS di Ohoi Ohoinol Kabupaten Maluku Tenggara terdapat 73 unit peningkatan kualitas (PK) yang dibangun.

Berdasarkan data untuk empat unit rumah penerima bantuan telah selesai 100 % yakni keluarga Johanis Fabumase, Lesidius Ufi, Tobias Wemaf dan Philupus Rumangun. Sisanya sebanyak 50 unit progresnya hamper 100 %.

“Pembangunan rumah swadaya di Ohoi Ohoinol tergolong cepat diselesaikan mengingat pelaksanaan pembangunan fisik baru dilaksanakan beberapa bulan lalu yakni pertengahan tahun ini,” katanya.

Baca Juga  MPR Sepakat Amandemen Terbatas UUD 1945 pada GBHN

Salah seorang penerima bantuan Program BSPS Yohanis Pabumase mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR atas bantuan BSPS yang diberikan kepada keluarganya.

“Kami bersyukur karena perhatian pemerintah dalam bedah rumah ini sangat memberikan dampak yang besar bagi kehidupan kami bersama keluarga. Sekarang rumah kami lebih layak huni,” katanya. (red)