Rahawarin Hadiri Penyerahan DIPA Kemendagri dan BNPP Tahun Anggaran 2023

oleh -263 views
Link Banner

Porostimur.com, Jakarta – Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Jeffry Apoly Rahawarin, memenuhi undangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada kegiatan Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tahun Anggaran (TA) 2023 yang digelar di Ruang Sasana Bhakti Praja Gedung C Kemendagri, Kamis (1/12/2022).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian yang sekaligus memberikan arahan terkait DIPA di lingkungan Kemendagri kepada seluruh jajaran pimpinan eselon I.

Pada kesempatan tersebut, Tito Karnavian mengatakan, kinerja laporan keuangan Kemendagri meraih predikat opini WTP dari BPK sebanyak 8 kali secara berturut-turut.

Selain itu, Kemendagri juga memperoleh penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai kementerian berkinerja sangat baik dalam pengelolaan anggaran TA 2021 kategori pagu sedang.

Penghargaan itu diraih 4 kali berturut-turut sejak 2018. Kriteria lainnya, kementerian atau lembaga juga merepresentasikan bidang prioritas nasional pada 2023 serta memiliki nilai kinerja penganggaran yang tinggi.

“Kami juga terus mengingatkan, bahwa Mendagri tidak bisa bekerja sendiri tanpa kerja sama dari para pejabat eselon I yang memimpin setiap satuan kerjanya. Pesan saya dan juga yang selalu dipesankan Bapak Presiden, adalah menjauh dari segala moral hazard, harus memiliki integritas dan kebanggaan serta rasa syukur menjadi bagian dari ASN. Dalam hal ini menjadi bagian dalam status sebagai pegawai di lingkungan Kemendagri. Menggunakan anggaran dengan serapan yang maksimal dan tepat sasaran,” tegasnya.

“Saya minta betul-betul, komitmen teman-teman, target kita untuk (realisasi) 99 persen. Tahun lalu Kemendagri menempati urutan pertama untuk pagu sedang, dan nomor 3 untuk semua kementerian/lembaga, bagusnya ini dipertahankan, kalau tidak bisa lebih baik,” ujar Karnavian.

Demi mendukung target realisasai anggaran yang lebih baik pada TA 2022, Mendagri meminta jajarannya serius dalam membuat target dan melaksanakan program pada tahun yang akan datang. Apalagi, pada 2022, Indonesia masih dihadapkan pada kondisi pandemi Covid-19. Mendagri berharap, target dan rencana program yang dirancang, dapat dieksekusi untuk pengendalian pandemi dan pertumbuhan ekonomi.

“Untuk belanja-belanja tahun depan, saya minta dibuat per triwulan, target misalnya per triwulan terealisasi berapa persen, tiga bulan berikutnya berapa persen, sampai akhir tahun, jangan diitumpuk di akhir tahun,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Mendagri berpesan agar jajarannya menjaga nilai, norma, dan etika dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, terutama berkenaan dengan serapan anggaran. Baginya, yang terpenting, program dan anggaran dapat terealisasi dengan baik sesuai jalur dan ketentuan perundang-undangan.

“Tolong rekan-rekan, kita jaga institusi ini, kita harus taat aturan karena kita menjadi contoh. Kemudian hindari hal-hal yang bersifat moral hazard, transaksional, penyimpangan, korupsi,” pesannya. (Keket)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.